RUSTAM, Andika (2025) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android "Save The Nature" menggunakan Unity untuk Meningkatkan Tingkat Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar dengan Menerapkan Metode Single Group Pretest-Posttest Design. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Download (255kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Download (362kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (285kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (233kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2026. Download (218kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Download (81kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Download (307kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-AndikaRustam-H1D019061-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
Abstract
Isu lingkungan merupakan salah satu masalah paling mendesak di dunia saat ini. Isu lingkungan ini harus dikenalkan sejak usia dini, dengan salah satu target ideal yaitu anak sekolah dasar karena sedang dalam fase perkembangan kognitif yang sangat penting. Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, media edukasi pun menjadi sangat beragam, salah satunya yaitu melalui media game. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan game edukasi berbasis android dengan menggunakan unity serta metode pengembangan perangkat lunak yaitu Game Development Life Cycle (GDLC). Setelah game berhasil dibuat maka dilanjutkan dengan pengujian Pretest dan Posttest yang mendapatkan rata-rata nilai Normalized-Gain sebesar 0,72 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Selain itu pada pengujian User Acceptance Test didapatkan nilai rata-rata sebesar 81,13% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dua hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Save The Nature” layak dijadikan media pembelajaran yang edukatif untuk meningkatkan pengetahuan serta kepedulian lingkungan anak sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H25030 |
Uncontrolled Keywords: | GDLC, Isu lingkungan, Normalized-Gain, Pengujian Pretest-Postest, User Acceptance Test |
Subjects: | C > C679 Computer games E > E187 Elementary schools E > E69 Education G > G9 Games |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Andika Rustam |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 00:59 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 00:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |