Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Komparasi Tingkat Keterbacaan Buku Teks Utama dan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Menggunakan Formula Flesch.

LESTARI, Anugerah Idea Aliya (2025) Studi Komparasi Tingkat Keterbacaan Buku Teks Utama dan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Menggunakan Formula Flesch. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (141kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (325kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (144kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf

Download (344kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan pembaca dalam memahami isi bacaan juga dapat dipengaruhi oleh faktor keterbacaan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis wacana yang terkandung dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan pada buku teks utama, buku teks pendamping, dan hasil perbandingan antara kedua buku teks tersebut. Tingkat keterbacaan diperoleh menggunakan pedoman formula flesch kincaid grade level. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian studi komparasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa suku kata, kata, dan kalimat yang terkandung dalam wacana buku teks utama dan buku teks pendamping. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif dan studi komparasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 wacana pada buku teks utama dan 21 wacana pada buku teks pendamping tergolong bacaan yang sulit dan sangat sulit dibuktikan dengan tingginya skor keterbacaan. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa wacana yang memiliki jumlah morfem afiks dan konjungsi yang lebih banyak dapat memengaruhi tingginya skor keterbacaan. Berdasarkan uraian data di atas, wacana yang terkandung dalam buku teks utama dan buku teks pendamping tidak sesuai digunakan bagi pembaca kelas VII SMP karena termasuk bacaan dengan sasaran pembaca setara mahasiswa dan setara lulusan perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25050
Uncontrolled Keywords: formula flesch kincaid grade level, komparasi, keterbacaan, buku teks utama, buku teks pendamping
Subjects: B > B286 Books and reading
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Anugerah Idea Aliya Lestari
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:14
Last Modified: 07 Feb 2025 08:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32224

Actions (login required)

View Item View Item