LESTARI, Anugerah Idea Aliya (2025) Studi Komparasi Tingkat Keterbacaan Buku Teks Utama dan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Menggunakan Formula Flesch. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Download (91kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Download (140kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (141kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (325kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2026. Download (144kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Download (124kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Download (344kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anugerah Idea Aliya Lestari-J1D021043-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan pembaca dalam memahami isi bacaan juga dapat dipengaruhi oleh faktor keterbacaan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis wacana yang terkandung dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan pada buku teks utama, buku teks pendamping, dan hasil perbandingan antara kedua buku teks tersebut. Tingkat keterbacaan diperoleh menggunakan pedoman formula flesch kincaid grade level. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian studi komparasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa suku kata, kata, dan kalimat yang terkandung dalam wacana buku teks utama dan buku teks pendamping. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif dan studi komparasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 wacana pada buku teks utama dan 21 wacana pada buku teks pendamping tergolong bacaan yang sulit dan sangat sulit dibuktikan dengan tingginya skor keterbacaan. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa wacana yang memiliki jumlah morfem afiks dan konjungsi yang lebih banyak dapat memengaruhi tingginya skor keterbacaan. Berdasarkan uraian data di atas, wacana yang terkandung dalam buku teks utama dan buku teks pendamping tidak sesuai digunakan bagi pembaca kelas VII SMP karena termasuk bacaan dengan sasaran pembaca setara mahasiswa dan setara lulusan perguruan tinggi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25050 |
| Uncontrolled Keywords: | formula flesch kincaid grade level, komparasi, keterbacaan, buku teks utama, buku teks pendamping |
| Subjects: | B > B286 Books and reading |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs. Anugerah Idea Aliya Lestari |
| Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:14 |
| Last Modified: | 07 Feb 2025 08:14 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
