Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Use of The Free4talk Application to Improve The Students’ Speaking Skill (Pre-Experimental Research in the sixth grade of SD IT AL FURQON in the Academic Year of 2023/2024)

AL FAIRUZI, Elvah Fatin (2025) The Use of The Free4talk Application to Improve The Students’ Speaking Skill (Pre-Experimental Research in the sixth grade of SD IT AL FURQON in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Elvah Fathin Al Fairuza-J1E018008-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi masalah kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas 6 sekolah dasar dalam berbicara bahasa Inggris, serta efektivitas pemanfaatan aplikasi Free4talk dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Masalah yang diidentifikasi meliputi kurangnya waktu untuk berlatih bahasa Inggris, rasa malu dan kurangnya percaya diri dalam pengucapan kata-kata bahasa Inggris, serta keterbatasan kosakata dalam bahasa Inggris.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 6 di SD Al Furqoon, dengan total sampel sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner, pre-test, post-test, dan observasi. Hal ini terbukti dari nilai F sebesar 1,286 dan sig=0,000, yang berarti <0,05, ini berimplikasi bahwa ada pengaruh dari implementasi aplikasi free4talk terhadap keterampilan berbicara bahasa. Dan untuk pertanyaan kedua, peneliti menemukan rumus d(f) = n-2, yang menghasilkan nilai d(f) yang dihitung sebesar 20 dan hasil pengujian variabel implementasi aplikasi free4talk (X) dan peningkatan keterampilan berbicara (Y) di atas didukung oleh nilai Cronbach's alpha yang dihasilkan secara berturut-turut sebesar 0,737 dan 0,819, atau dapat dikatakan bahwa nilai skor uji reliabilitas > 0,06. Dapat disimpulkan bahwa instrumen dalam kuesioner dianggap reliabel Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan aplikasi Free4talk. Analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi yang menunjukkan dampak yang berarti dari penerapan aplikasi Free4talk terhadap keterampilan berbicara bahasa siswa.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi Free4talk dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 6 sekolah dasar cukup efektif. Ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25072
Uncontrolled Keywords: Metode eksperimental, Aplikasi Free4talk, Keterampilan berbicara siswa
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Elvah Fathin Al Fairuza
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:29
Last Modified: 10 Feb 2025 08:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32402

Actions (login required)

View Item View Item