ALDISSA, Nanda (2025) Kemampuan Mengembangkan Gagasan Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi (Studi Kasus Siswa Kelas X A Sma N 1 Purwareja Klampok). KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN GAGASAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI (Studi Kasus Siswa Kelas X A SMA N 1 Purwareja Klampok).
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Download (135kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Download (235kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (163kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (333kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2026. Download (164kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Download (144kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Download (306kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nanda Aldissa-J1D020021-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemampuan mengembangkan gagasan pada pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas X A SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Berlatar belakang dari pentingnya keterampilan menulis pada pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, asesmen, kendala, serta solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang terjadi pada proses pembelajaran menulis teks biografi di kelas X A SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X A di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok adalah merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun alur tujuan pembelajaran, merancang pembelajaran serta asesmen. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tahap kegiatan awal, inti, dan penutup. Asesmen formatif yang dilakukan oleh guru dalam bentuk tugas. Guru mengalami kendala dari pelaksanaan dan asesmen pembelajaran menulis teks biografi di kelas X A berlangsung. Solusi yang dilakukan oleh guru secara keseluruhan adalah dengan dengan melakukan evaluasi diri atau refleksi untuk membangun proses pembelajaran selanjutnya yang lebih baik lagi, serta mengikuti komunitas belajar sebagai wujud dari pengembangan diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Nomor Inventaris: | J25060 |
Uncontrolled Keywords: | gagasan, pembelajaran, menulis, teks eksposisi |
Subjects: | H > H123 High school students T > T62 Technical writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Nanda Aldissa |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 00:58 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 00:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |