Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Strategi Koping dengan Stres Akademik dalam Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Keperawatan

MADANIYAH, Alifa Az Zahra (2025) Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Strategi Koping dengan Stres Akademik dalam Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Keperawatan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf

Download (376kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf

Download (531kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf

Download (455kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ALIFA AZ ZAHRA MADANIYAH-I1B021047-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

atar Belakang: Stres akademik sering dialami oleh mahasiswa, terutama saat menyusun tugas akhir. Mahasiswa keperawatan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi akibat beban akademik. Strategi koping dan kecerdasan spiritual berperan dalam mengelola stres akademik. Strategi koping adaptif membantu menurunkan stres, sedangkan strategi koping maladaptif berisiko memperburuk stres. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan spiritual dan strategi koping dengan stres akademik dalam penyusunan tugas akhir. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kecerdasan spiritual, strategi koping, dan stres akademik. Analisis data dilakukan dengan regresi logistik untuk melihat hubungan antara variabel independen dan stres akademik. Hasil Penelitan: Hasil penelitian menunjukkan strategi koping emotional-focused coping memiliki hubungan yang signifikan dengan stres akademik (p= 0,000; OR > 1), sedangkan less useful coping juga menunjukkan hubungan signifikan namun dengan kecenderungan menurunkan stres akademik (p= 0,005; OR < 1). Sementara itu, kecerdasan spiritual tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan stres akademik (p= 0,078; OR= 0,384). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan stres akademik, sementara strategi koping berperan dalam mengelola stres. Emotional-focused coping cenderung dikaitkan dengan tingkat stres akademik yang lebih tingg, sedangkan less useful coping justru dikaitkan dengan tingkatstres akademik yang lebih rendah. Hasil ini menunjukkan pentingnya pemilihan strategi koping yang tepat dalam menghadapi tekanan akademik pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Kata Kunci: Kecerdasan spiritual, problem focused coping, emotional focused coping, less useful coping, stres akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I25139
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual, problem focused coping, emotional focused coping, less useful coping, stres akademik
Subjects: J > J63 Job stress
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Mrs. Alifa Az Zahra Madaniyah
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:24
Last Modified: 17 Feb 2025 01:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item View Item