Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Model Peningkatan Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada UMKM Kuliner Halal Indonesia

TRIANA, Marina Fajar (2024) Model Peningkatan Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada UMKM Kuliner Halal Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2026.

Download (186kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2026.

Download (386kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2026.

Download (264kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Marina Fajar Triana-C1B021057-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim memiliki peluang pasar halal, dimana konsumen semakin memperhatikan kehalalan produk khususnya produk kuliner dalam pembeliannya, namun masih sedikit UMKM kuliner di Indonesia yang tersertifikasi halal, sehingga penting bagi UMKM kuliner untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembeliannya agar dapat memanfaatkan peluang pasar halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, pengetahuan produk halal, dan paparan halal terhadap keputusan pembelian dengan kesadaran halal sebagai mediasi, dan religiusitas sebagai moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, dan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim di UMKM Kuliner Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 200 responden. Teknik analisis menggunakan Variance-Based Partial Least Square (PLS-SEM) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (2) pengetahuan produk halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) paparan halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) label halal berpengaruh positif terhadap kesadaran halal (5) pengetahuan produk halal berpengaruh positif terhadap kesadaran halal (6) paparan halal berpengaruh positif terhadap kesadaran halal (7) kesadaran halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (8) kesadaran halal tidak memediasi pengaruh antara label halal terhadap keputusan pembelian (9) kesadaran halal memediasi pengaruh antara pengetahuan produk halal terhadap keputusan pembelian (10) kesadaran halal tidak memediasi pengaruh paparan halal terhadap keputusan pembelian (11) religiusitas memoderasi pengaruh kesadaran halal terhadap keputusan pembelian. Studi ini memberikan implikasi teoritis yang dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya dan implikasi manajerial bagi pelaku UMKM kuliner harus mendaftarkan sertifikasi halal untuk mendapatkan label halal dan transparansi informasi berupa bahan baku dan proses produksi sehingga konsumen lebih yakin akan jaminan halal yang diberikan sehingga mendorong peningkatan keputusan pembelian pada produknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25242
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Label Halal, Pengetahuan Produk Halal, Paparan Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas
Subjects: C > C793 Consumers
D > D63 Decision making
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Marina Fajar Triana
Date Deposited: 06 May 2025 02:50
Last Modified: 06 May 2025 02:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item