RAMANOV, Adit Three (2025) Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen terhadap Produk Abon Lele Marisa Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Download (99kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (216kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (454kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2026. Download (370kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB-V-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Download (255kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Download (245kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adit Three Ramanov-A1F021011-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
Abstract
Poklahsar Prima Melati merupakan UMKM yang bergerak dalam produksi makanan olahan yang berbahan dasar dari ikan. Salah satu produk unggulan dari UMKM Poklahsar Prima Melati adalah abon lele yang seringkali dijadikan produk oleh-oleh. Seiring dengan berjalannya waktu meningkat pula kompetitor yang menjual produk yang sama, sehingga membuat Poklahsar Prima Melati mengalami penurunan jumlah penjualan. Oleh karena itu perlu dilakukan survei terkait tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen untuk mengetahui atribut apa yang perlu diperbaiki dan perbaikan seperti apa yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen serta indeks kepuasaan konsumen Abon Lele Marisa. 2) Mengetahui atribut apa saja yang harus diperbaiki pada produk Abon Lele Marisa berdasarkan diagram kartesius Importance Performance Analysis (IPA). 3) Mendapatkan strategi perbaikan pada produk Abon Lele Marisa. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga pada bulan November 2024 sampai dengan Maret 2025. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling melalui kertas kuesioner kepada 100 orang responden yang memenuhi kriteria berusia minimal 17 tahun dan pernah mengonsumsi produk Abon lele Marisa dua kali selama tiga bulan terakhir. Terdapat beberapa tahap pada penelitian ini, yaitu penyusunan kuesioner, pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner, penyebaran kuesioner, identifikasi profil konsumen, penentuan indeks kepuasan konsumen, analisis tingkat kepentingan, kepuasan dan kesesuaian konsumen, penentuan atribut unggulan dan atribut perbaikan, serta penentuan strategi perbaikan produk menggunakan diagram fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis CSI abon lele Marisa pada kategori ‘sangat puas’ dengan nilai indeks kepuasan 81,33 %. Atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi yaitu tidak adanya bau tengik pada abon lele, kelengkapan informasi pada kemasan, dan adanya promosi melalui media online. Tingkat kepuasan tertinggi yaitu tidak adanya minyak yang tersisa pada abon lele, kemudahan membuka dan menutup kemasan, dan kemudahan mendapatkan produk secara langsung di rumah produksi. Matriks IPA menunjukkan terdapat 12 atribut unggulan abon lele yaitu cita rasa gurih abon lele, tidak adanya minyak yang tersisa pada abon lele, tidak adanya bau tengik pada abon lele, tidak adanya bau amis pada abon lele, warna kemasan yang menarik, kemudahan membuka dan menutup kemasan, tingkat kekuatan kemasan, kemampuan kemasan untuk mempertahankan umur simpan, desain label kemasan, kelengkapan informasi pada kemasan, adanya promosi melalui media offline/langsung, dan kemudahan mendapatkan/membeli produk secara online melalui marketplace. Kemudian terdapat 4 atribut yang direkomendasikan untuk perbaikan yaitu tesktur renyah abon lele, kesesuaian kemasan dengan isi, promosi melalui media online, dan pemberian diskon untuk pembelian jumlah banyak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A25089 |
Uncontrolled Keywords: | Ikan lele dumbo, abon lele, importance performance analysis, customer satisfaction index, diagram fishbone |
Subjects: | C > C793 Consumers F > F256 Food industry |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Mr. Adit Three Ramanov |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:07 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |