HUSAIN, Rasyid Hafizhuddin (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning terhadap Peraturan Dasar Olahraga Bola Tangan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Download (344kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Download (381kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rasyid Hafizhuddin Husain-I1E021074-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pendidikan jasmani menjadi mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pemilihan model yang tepat. Berdasarkan observasi di SMA IT Al-Irsyad Purwokerto, siswa menwgalami kesulitan memahami peraturan dasar bola tangan. Model pembelajaran inquiry learning dinilai tepat karena melibatkan siswa secara aktif dengan bimbingan guru. Mengingat bola tangan masih kurang populer, model ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry learning terhadap hasil belajar peraturan dasar bola tangan. Metodologi: Penelitian menggunakan metode True-Experimental Designs dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design untuk mengetahui pengaruh suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Perlakuan yang diberikan yaitu penggunaan model pembelajaran inquiry learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar. Teknik analisis menggunakan uji N-gain score dan Uji T. Hasil Penelitian: Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen menerapkan model inquiry learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 53,06 menjadi 75,66 pada kelas eksperimen dan dari 49,94 menjadi 67,13 pada kelas kontrol. Analisis N-gain menunjukkan peningkatan sedang (0,49 Eksperimen dan 0,37 Kontrol), serta uji statistik menunjukkan signifikasi < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua model pembelajaran. Kesimpulan: Model pembelajaran inquiry learning terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi peraturan dasar bola tangan, mampu meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa secara lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | I25229 |
| Uncontrolled Keywords: | Inquiry Learning, Hasil Belajar, Peraturan Dasar Bola Tangan, Pendidikan Jasmani |
| Subjects: | S > S609 Sports |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Mr. Rasyid Hafizhuddin Husain |
| Date Deposited: | 22 May 2025 07:12 |
| Last Modified: | 22 May 2025 07:12 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/33950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
