FATKHURROKHMAN, Hanif (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Tamu Hotel Syariah Di Banyumas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (cover)
1 cover.pdf Download (34kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (583kB) |
![]() |
PDF (BabI)
4 bab1.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (649kB) |
![]() |
PDF (BabII)
5 bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (750kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
6 bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2026. Download (679kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
7 bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
![]() |
PDF (BabV)
8 bab5.pdf Download (601kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (614kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf Download (970kB) |
Abstract
Persaingan usaha perhotelan yang semakin kreatif, melahirkan beberapa hotel yang memberikan penawaran berbeda dari pada hotel umumnya. Seperti halnya hotel dengan konsep syariah yang segala ketentuan serta peraturan di dalamnya berdasarkan pada ajaran dan tuntunan agama Islam. Maka dalam penelitian ini akan dianalisis minat beli konsumen hotel syariah dari segi bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process dalam pengaruhnya terhadap minat beli tamu hotel Syariah di Banyumas dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling meliputi tamu hotel yang sedang atau pernah menginap, tamu yang beragama Islam dan tamu yang pernah menginap lebih dari satu kali. Jumlah sampel penelitian sebesar 58 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala likert 5. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk pengujian H1-H7. Sedangkan untuk pengujian variabel moderasi menggunakan uji residual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan produk, harga, tempat, dan promosi terhadap minat beli tamu hotel Syariah. Sedangkan proses berpengaruh negative dan signifikan terhadap minat beli tamu hotel Syariah. Selanjutnya sarana fisik dan orang tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli tamu hotel syariah. Sementara itu religiusitas memoderasi pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap minat beli tamu hotel Syariah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penelitian selanjutnya perlu pengembangan model penelitian untuk menambah kepustakaan dalam bidang manajemen. Selain itu pihak hotel Syariah perlu melakukan evaluasi dan survey terhadap kualitas dan kuantitas pelayanan untuk menarik minat beli tamu hotel Syariah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | M > M567 Motivation Psychology P > P668 Purchasing |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 28 May 2025 06:52 |
Last Modified: | 28 May 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |