RACHMATIKO, Rofi (2018) Analisis Pengaruh Sikap, Kepuasan, Kepercayaan, Nilai, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Merek Dengan Hubungan Merek Sebagai Variabel Mediasi Dan Variabel Moderasi (Studi Pada Masyarakat Purbalingga ). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (523kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (533kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BabI.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2026. Download (615kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2026. Download (721kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 bab III.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2026. Download (667kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
|
PDF (BabV)
8 bab V.pdf Download (573kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (554kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai, dan komitmen terhadap loyalitas merek dengan hubungan merek sebagai variabel mediasi dan variabel moderasi (studi pada masyarakat Purbalingga ). Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen rokok Surya pro mild di wilayah Purbalingga sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan adalah interval taksiran karena populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Data penelitian ini adalah dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan rokok Surya pro mild. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan mediasi dan moderasi dengan Statistical Package for Social Science (SPSS ) Versi 22. Dari hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: a. Sikap konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat sikap merek maka semakin tinggi loyalitas merek tersebut. b. Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen maka semakin tinggi loyalitas merek tersebut. c. Kepercayaan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan merek maka semakin tinggi loyalitas merek tersebut. d. Nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat nilai pelanggan maka semakin tinggi loyalitas merek tersebut. e. Komitmen konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat komitmen merek maka semakin tinggi loyalitas merek tersebut. f. Hubungan merek memediasi hubungan antara sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti hubungan merek mampu meningkatkan sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek secara tidak langsung. g. Hubungan merek memoderasi hubungan antara sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek. Hal ini berarti hubungan merek mampu memperkuat hubungan antara sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek. Bagi segmen pasar yang potensial seperti konsumen rokok Surya pro mild masyarakat Purbalingga, ternyata yang paling dominan dipertimbangkan oleh mereka dalam loyalitas merek adalah hubungan merek karena dapat meningkatkan sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek secara tidak langsung dan juga dapat memperkuat hubungan antara sikap, kepuasan, kepercayaan, nilai dan komitmen terhadap loyalitas merek. Keterbatasan penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain: penelitian ini hanya menggunakan responden dari wilayah Purbalingga, penelitian ini hanya menggunakan satu merek rokok dari PT Gudang Garam, Tbk yaitu Surya pro mild, sedangkan saat ini sudah banyak berbagai macam merek rokok yang telah dikonsumsi oleh konsumen rokok di Indonesia, penelitian ini hanya menggunakan variabel sikap konsumen, kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen, nilai pelanggan, komitmen konsumen, hubungan merek, dan loyalitas merek. Penelitian selanjutnya direkomendasikan agar menambahkan variabel lain yang mempengaruhi loyalitas merek yaitu Identifikasi Merek (Brand Identification ) (Mobin Fatma et al, 2016) sebagai variabel bebas dan variabel moderasi, karena pada penelitian sebelumnya peneliti hanya menjadikan variabel Identifikasi Merek (Brand Identification ) sebagai variabel mediasi saja. Selain itu, rekomendasi subyek penelitian bisa dilanjutkan untuk konsumen-konsumen dari perusahaan rokok terkenal seperti Djarum dan HM Sampurna untuk mengetahui perbandingan hasil penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | B > B337 Brand name products L > L331 Loyalty |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
| Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:47 |
| Last Modified: | 04 Jul 2025 06:47 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
