PERMANA, Mohammad Ihlasul Fiqri (2025) Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Download (170kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Download (320kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB I-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB II-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB III-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB IV-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Download (266kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Download (266kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mohammad Ihlasul Fiqri Permana-C1C021112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, digital payment, dan digital marketing terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM di Kota Bekasi. Di era digital, kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan, memanfaatkan sistem pembayaran digital, dan menerapkan strategi pemasaran digital menjadi faktor krusial. Kurangnya literasi keuangan, pemahaman terbatas terhadap platform digital payment, serta ketidakefektifan dalam menjalankan digital marketing sering kali membuat upaya peningkatan pendapatan belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Social Exchange Theory (SET) yang dikemukakan oleh (Homans, 1974). Homans (1974) menjelaskan bahwa interaksi sosial dapat dipandang sebagai proses pertukaran di mana individu atau kelompok berusaha mendapatkan imbalan yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Social Exchange Theory (SET) dapat digunakan untuk memahami bagaimana literasi keuangan, digital payment, dan digital marketing berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis data yang digunakan penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel penelitian yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 99 pelaku UMKM yang menerapkan digital payment dan digital marketing yang berlokasi di Kota Bekasi. Jumlah sampel penelitian yang digunakan ditentukan menggunakan rumus slovin karena sudah diketahui jumlah populasi objek yang akan digunakan pada penelitian. Metode pengukuran variabel menggunakan skala likert pada variabel literasi keuangan, digital payment, digital marketing, dan peningkatan pendapatan UMKM. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi dan uji t). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS), diperoeh bukti bahwa: (1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM, (2) digital payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM, dan (3) digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Pelaku usaha yang memiliki tingkat literasi keuangan yang baik cenderung lebih mampu mengelola arus kas, mengontrol pengeluaran, menyusun anggaran, serta mengambil keputusan investasi yang lebih rasional dan menguntungkan. Teknologi pembayaran digital memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam transaksi, yang pada akhirnya menciptakan nilai dalam proses pertukaran antara pelaku usaha dan konsumen. Ketidakmampuan dalam mengelola strategi digital marketing secara efektif, baik dari segi konten, pemilihan platform, maupun pemahaman terhadap algoritma media digital menyebabkan investasi waktu, tenaga, dan biaya yang telah dikeluarkan tidak menunjukkan efektivitas yang signifikan. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bukti yang relevan terkait Social Exchange Theory, mampu menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya, dan mampu menjadi masukan bagi Dinas Koperasi dan UKM di Kota Bekasi untuk dapat gencar memberikan pelatihan digitalisasi kepada para pelaku UMKM di Kota Bekasi. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu mengalami kesulitan dalam menjangkau UMKM tingkat kecil dan menengah untuk pengisian kuesioner dan pada penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi 53% sisanya senilai 47% dipengaruhi variabel lain yang berada di luar dari penelitian ini sehingga diharapkan penelitian berikutnya mampu menambah variabel lain yang belum digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C25345 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan, Digital Payment, Digital Marketing, Peningkatan Pendapatan, UMKM. |
Subjects: | I > I60 Income |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Mohammad Ihlasul Fiqri Permana |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |