ROSMAWATI, Wiwin (2025) Dampak Model Pembelajaran Self Organised Learning ENVIRONMENT (SOLE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Download (314kB) |
|
|
PDF (Bab1)
BAB-I-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (917kB) |
|
|
PDF (Bab2)
BAB-II-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab3)
BAB-III-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab4)
BAB-IV-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab5)
BAB-V-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Download (313kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Download (809kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wiwin Rosmawati-C1L021007-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Dampak Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto. Permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis dampak model pembelajaran self organized learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan kerpikir kritis pada pembelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode desain quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto yang mengambil mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 396 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu dengan menggunakan tes pilihan ganda, tes penjelasan, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t yaitu uji independen simple t test. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran SOLE dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Implikasi pada penelitian ini yaitu: model pembelajaran SOLE mampu memberikan kemandirian belajar terhadap peserta didik sehingga mempermudah untuk mengerjakan tugas secara mandiri, belajar secara mandiri tanpa bantuan dari guru dan sekolah dapat mendorong penerapan model pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti SOLE dengan menawarkan sumber daya pembelajaran berbasis teknologi dan pelatihan guru, dan model dapat meningkatkan siswa lebih aktif dalam proses belajar ekonomi, melatih siswa untuk lebih mandiri, kritis dan reflektif terhadap informasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25350 |
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran SOLE, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar |
| Subjects: | C > C969 Critical thinking L > L89 Learning and scholarship |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Wiwin Rosmawati |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:10 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 08:10 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
