Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian Ulang (Studi pada Konsumen Gallery Batik Deden di Tasikmalaya)

NUGRAHA, Cindera Syaiful (2017) Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian Ulang (Studi pada Konsumen Gallery Batik Deden di Tasikmalaya). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 COVER-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
4 BAB I-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
5 BAB II-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
6 BAB III-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
7 BAB IV-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8 BAB V-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-CINDERA SYAIFUL NUGRAHA-P2CC12051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan pada industri batik, pasca merebaknya isu ekonomi kreatif yang ditandai dengan menjamurnya industri sejenis serta substitusinya, baik di pasar lokal maupun di pasar internasional. Persaingan yang ketat telah menawarkan banyak pilihan bagi konsumen untuk menentukan produk terbaik yang akan digunakannya. Faktor penting yang mendasari perilaku konsumen dalam memilih produk antara lain terletak pada atribut produk, harga produk dan layanan konsumen. Atas dasar penilaian positif pada atribut produk, harga produk dan kualitas layanan, konsumen bersedia menjatuhkan pilihan dengan harapan memperoleh kepuasan dari penggunaan produk tersebut. Tingginya tingkat kepuasan konsumen akan berdampak pada keinginan konsumen untuk melakukan pembelian kembali hingga menjadi konsumen yang loyal. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka dirumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian : 1) Apakah terdapat pengaruh positif atribut produk terhadap kepuasan konsumen? 2) Apakah terdapat pengaruh positif harga terhadapkepuasan konsumen? 3) Apakah terdapat pengaruh positif kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen? 4) Apakah terdapat pengaruh positif kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang?. Hipotesis yang diajukan terdiri dari : 1)Atribut produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 2) Harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 3) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 4) Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ulang. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplanatoris yang bersifat asosiatifpada Gallery Batik Deden yang merupakan salah satu icon batik di kota Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah konsumen yang dijadikananggota sampel sebanyak 110 orang . Data dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan tanggapan konsumen terhadap atribut produk, harga dan kepuasan konsumen rata-rata sedang, sementara terhadap kualitas layanan dan keputusan pembelian ulang rata-rata tinggi. Metode analisis jalur menghasilkan atribut produk berpengaruh positif sebesar 26,4% terhadap kepuasan konsumen, di mana 8,9% merupakan pengaruh langsung, 8,2% melalui harga dan 9,3% melalui kualitas layanan. Harga berpengaruh positif sebesar 31,5% terhadap kepuasan konsumen, di mana 14,2% merupakan pengaruh langsung, 8,2% melalui atribut produk dan 9,1% melalui kualitas layanan. Kualitas layanan berpengaruh positif sebesar 29,1% terhadap kepuasan konsumen, di mana 10,1%merupakan pengaruh langsung, 9,3% melalui atribut produk dan 9,1% melalui harga. Selanjutnya kepuasan konsumen berpengaruh positif sebesar 82,6% terhadap keputusan pembelian ulang, yang seluruhnya merupakan pengaruh langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: atribut produk, harga, kualitas layanan, kepuasan konsumen, keputusan pembelian ulang, analisis jalur
Subjects: B > B72 Batik
C > C793 Consumers
Q > Q2 Quality control
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Fathu R R
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:33
Last Modified: 31 Jul 2025 01:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35337

Actions (login required)

View Item View Item