Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Faktor Waktu Tunggu, Kejelasan Informasi, Komunikasi Petugas terhadap Kepuasan Pasien dan Dampaknya pada Kepercayaan Pasien di Puskesmas Rawat Inap Wilayah Kabupaten Banyumas

KUSUMANINGSIH, Tri Lestari (2016) Pengaruh Faktor Waktu Tunggu, Kejelasan Informasi, Komunikasi Petugas terhadap Kepuasan Pasien dan Dampaknya pada Kepercayaan Pasien di Puskesmas Rawat Inap Wilayah Kabupaten Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 COVER-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
4 BAB I-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
5 BAB II-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
6 BAB III-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
7 BAB IV-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8 BAB V-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-TRI LESTARI K-P2CC1107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor waktu tunggu pasien, komunikasi petugas dan pemberian informasi pasien terhadap kepuasan dan dampak pada kepercayaan pasien di puskesmas rawat inap wilayah Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien di Puskesmas rawat inap di Puskesmas Kebasen, Rawalo, Wangon dan Jatilawang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani rawat inap di puskesmas wilayah Kabupaten Banyumas pada bulan April 2016, baik laki-laki maupun perempuan dengan kriteria: Responden merupakan peserta BPJS; Dirawat lebih dari 1 hari; Mampuberkomunikasi lisan atau tulisan. Penentuan ukurang sampel menggunakan metodeminimal sample size, diperoleh sampel minimal sebanyak 94 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa waktu tunggu berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Kabupaten Banyumas; komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Kabupaten Banyumas; informasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Kabupaten Banyumas; kepuasan pasien berpengaruh terhadap kepercayaan pasien rawat inap di Puskesmas Kabupaten Banyumas Saran dari penelitian ini, pasien rawat inap di Puskesmas Kabupaten Banyumas dapat menyampaikan semua keluhannya langsung jika mengalami ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini sangat berguna bagi Puskesmas Kabupaten Banyumas dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanannya. Bagi manajemen Puskesmas Kabupaten Banyumas diharapkan dapat mengelola kinerja secara berkesinambungan sehingga akan tercapai tingkat kepuasan sesuai dengan harapan pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan kotak saran untuk memberikan kesempatan semua pasien Puskesmas Kabupaten Banyumas memberikan masukan untuk memperbaiki kinerja rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu, Komunikasi, Informasi, Kepuasan, Kepercayaan
Subjects: J > J56 Job satisfaction
P > P103 Patients
T > T327 Trust
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Fathu R R
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:53
Last Modified: 06 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35480

Actions (login required)

View Item View Item