HANIFAH, Azmi (2025) Perancangan Desain Kemasan dan Trade Mark Produk Lanting dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Model Kano (Studi Kasus : UMKM Bu Tuti). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Download (52kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Download (55kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
|
PDF (BabVI)
BAB-VI-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Banyaknya UMKM makanan ringan menjadikan pengusaha pada bidang tersebut berlomba-lomba untuk mengembangkan inovasi mengenai produknya. Setiap kompetitor terus bersaing dalam menciptakan kualitas produk seperti bentuk, ukuran, rasa, harga hingga kemasan. Kemasan sendiri memiliki peran penting dalam pemasaran suatu produk karena dapat menciptakan daya ingat konsumen dengan adanya desain yang kreatif sekaligus meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat kemasan dan trade mark dengan kata kansei yang menjadi prioritas berdasarkan kategori kano sehingga menghasilkan desain kemasan lanting UMKM Bu Tuti yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam penelitian ini didapatkan 8 kata kansei yang menjadi prioritas berdasarkan kategori kano yaitu dapat diandalkan (worse -0,90), informatif (worse -0,88), praktis (better 0,50), unik (better 0,48), terdapat logo (worse -0,86), menarik (better 0,51), berwarna (worse -0,85) dan sederhana (worse -0,76). Adapun bahan kemasan yang digunakan adalah alumunium foil yang merupakan pilihan responden dengan persentase 78,4%, warna kemasan B dengan persentase 34%, logo B dengan persentase 59,8%, dan gaya tulisan A dan B yang memiliki jumlah seri dengan persentase 26,8%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25247 |
| Uncontrolled Keywords: | Desain Kemasan, Kata Kansei, Kano, Lanting |
| Subjects: | D > D119 Design F > F264 Food Packaging |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | Mrs. Azmi Hanifah |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:15 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 08:15 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
