Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perancangan Desain Kemasan dan Trade Mark Produk Lanting dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Model Kano (Studi Kasus : UMKM Bu Tuti)

HANIFAH, Azmi (2025) Perancangan Desain Kemasan dan Trade Mark Produk Lanting dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Model Kano (Studi Kasus : UMKM Bu Tuti). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (BabVI)
BAB-VI-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Azmi Hanifah-H1E021038-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

Banyaknya UMKM makanan ringan menjadikan pengusaha pada bidang tersebut berlomba-lomba untuk mengembangkan inovasi mengenai produknya. Setiap kompetitor terus bersaing dalam menciptakan kualitas produk seperti bentuk, ukuran, rasa, harga hingga kemasan. Kemasan sendiri memiliki peran penting dalam pemasaran suatu produk karena dapat menciptakan daya ingat konsumen dengan adanya desain yang kreatif sekaligus meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat kemasan dan trade mark dengan kata kansei yang menjadi prioritas berdasarkan kategori kano sehingga menghasilkan desain kemasan lanting UMKM Bu Tuti yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam penelitian ini didapatkan 8 kata kansei yang menjadi prioritas berdasarkan kategori kano yaitu dapat diandalkan (worse -0,90), informatif (worse -0,88), praktis (better 0,50), unik (better 0,48), terdapat logo (worse -0,86), menarik (better 0,51), berwarna (worse -0,85) dan sederhana (worse -0,76). Adapun bahan kemasan yang digunakan adalah alumunium foil yang merupakan pilihan responden dengan persentase 78,4%, warna kemasan B dengan persentase 34%, logo B dengan persentase 59,8%, dan gaya tulisan A dan B yang memiliki jumlah seri dengan persentase 26,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H25247
Uncontrolled Keywords: Desain Kemasan, Kata Kansei, Kano, Lanting
Subjects: D > D119 Design
F > F264 Food Packaging
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs. Azmi Hanifah
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:15
Last Modified: 19 Aug 2025 08:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36078

Actions (login required)

View Item View Item