ADISTIA, Adistia (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Minuman Kopi Pada Mlaku Coffee di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (219kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (324kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (344kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (404kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adistia-A1A021033-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bisnis kopi keliling di Purwokerto cukup berkembang pesat seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap konsumsi kopi. Mlaku Coffee menjadi salah satu brand kopi keliling yang cukup populer di kota ini. Namun, pesatnya perkembangan bisnis serupa menimbulkan persaingan yang semakin ketat sehingga berdampak pada penurunan jumlah penjualan. Oleh karena itu, pemahaman dan pengukuran tingkat kepuasan konsumen menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis karakteristik konsumen pada Mlaku Coffee Purwokerto; (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kopi pada Mlaku Coffee Purwokerto; dan (3) Mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas utama oleh konsumen pada Mlaku Coffee Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung menggunakan kuesioner serta data sekunder yang diperoleh melalui literatur, buku, jurnal, penelitian terdahulu dan internet. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cita rasa, variasi menu, kemasan, harga, lokasi, promosi, dan pelayanan. Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen Mlaku Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen Mlaku Coffee adalah perempuan, berusia 18-24 tahun, memiliki pendidikan terakhir SMA/sederajat, berstatus pelajar/mahasiswa dan memiliki penghasilan atau uang saku ≤ Rp 1.000.000 per bulan. Tingkat kepuasan konsumen tergolong puas dengan nilai CSI sebesar 76,79%. Diantara ketujuh variabel yang dinilai, pelayanan mendapat nilai rata-rata tertinggi kecepatan penyajian menjadi atribut dengan nilai paling memuaskan. Berdasarkan analisis IPA, atribut yang perlu diprioritaskan untuk diperbaiki adalah rasa kopi stabil setiap penyajian dan ketersediaan ragam jenis minuman (kopi dan non kopi).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | A25296 |
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan konsumen, kopi keliling, CSI, IPA |
| Subjects: | C > C518 Coffee C > C793 Consumers |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Mrs. Adistia Adistia |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:09 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:09 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
