Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Serabi Mix Max Spesial Varian Oncom Ayam Purwokerto

AMALIA, Ghina Nur (2025) Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Serabi Mix Max Spesial Varian Oncom Ayam Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf

Download (236kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ghina Nur Amalia-A1F021074-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Serabi Mix Max Spesial merupakan usaha kuliner khas Bandung yang berdiri sejak tahun 2012 di Purwokerto. Varian serabi asin dengan topping oncom ayam dan tambahan mayones merupakan menu andalan Serabi Mix Max Spesial yang populer di kalangan konsumen. Varian ini menjadi favorit karena perpaduan rasa gurih dari oncom ayam dan creamy dari mayones, menjadikan serabi ini berbeda dari serabi manis pada umumnya, serta masih jarang ditemukan di wilayah Purwokerto. Pandemi COVID-19 menyebabkan Serabi Mix Max Spesial mengalami penurunan penjualan yang signifikan hingga saat ini dan pelaku usaha belum pernah melakukan perbaikan terhadap produknya. Evaluasi terhadap persepsi konsumen mengenai tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen perlu dilakukan untuk mengetahui atribut apa yang perlu diperbaiki serta merancang strategi pengembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen serta perbaikan produk dengan melakukan survei menggunakan instrumen survei berupa kuesioner, observasi, serta studi pustaka. Data yang didapat kemudian akan dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan diagram fishbone. Berdasarkan hasil analisis CSI, diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen berada pada kategori “sangat puas” dengan skor indeks sebesar 83,85%. Selanjutnya hasil analisis IPA terdapat 6 atribut yang perlu diperbaiki yaitu rasa asin pada serabi, tekstur lembut pada oncom, tekstur lembut pada suwiran ayam, kecukupan jumlah suwiran ayam pada topping, pemberian saus sambal dalam kemasan sachet dan adanya promosi melalui media online. Kemudian dirumuskan strategi perbaikan untuk atribut tersebut dengan penerapan SOP modifikasi adonan parsial yaitu dengan tetap menggunakan satu adonan dasar namun perlu penambahan bahan perasa asin kaldu bubuk non-MSG hanya pada porsi yang digunakan untuk varian asin agar menghasilkan rasa yang lebih kaya dan gurih, penyusunan SOP untuk memastikan waktu dan teknik memasak standar sehingga menghasilkan tekstur oncom dan suwiran ayam yang lembut, penyusunan SOP takaran suwiran yang jelas serta penerapan ukuran standar untuk menjaga konsistensi, penyusunan SOP pelayanan penyajian dengen ketentuan pemberian saus hanya jika diminta oleh konsumen untuk meningkatkan kenyamanan konsumen dan penetapan penanggung jawab khusus yang bertugas memantau dan menjalankan kegiatan promosi secara konsisten serta menjadi penghubung antara digital marketer dan tim internar agar promosi terus berjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25429
Uncontrolled Keywords: Serabi, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Diagram Fishbone
Subjects: J > J56 Job satisfaction
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs Ghina Nur Amalia
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:41
Last Modified: 22 Aug 2025 07:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36709

Actions (login required)

View Item View Item