YULIANI, Anisa Widya (2025) Pengaruh Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, dan Kecerdasan Adversitas terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (132kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf..pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2026. Download (339kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2026. Download (448kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2026. Download (428kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anisa Widya Yuliani-C1L019047-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Baturraden. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh perilaku belajar, kepercayaan diri, dan kecerdasan adversitas terhadap pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XII tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 143 orang. Sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh 105 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman siswa, kepercayaan diri tidak berpengaruh, sedangkan kecerdasan adversitas berpengaruh positif terhadap pemahaman. Implikasi penelitian ini adalah perlunya guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memberikan dukungan optimal pada proses pembelajaran, serta mendorong sekolah untuk mengevaluasi metode pembelajaran secara berkala guna mengatasi kesulitan belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25447 |
| Uncontrolled Keywords: | Perilaku Belajar, Kepercayaan Diri, Kecerdasan Adversitas, Tingkat Pemahaman |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Anisa Widya Yuliani |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:33 |
| Last Modified: | 27 Aug 2025 06:33 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
