Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pola Komunikasi Instruksional Guru dalam Mengajar Siswa Tunagrahita di SDLB C Yakut Purwokerto

ADELINA, Ruci (2016) Pola Komunikasi Instruksional Guru dalam Mengajar Siswa Tunagrahita di SDLB C Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 Cover Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2 Legalitas Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 Abstrak Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf

Download (928kB)
[img] PDF (BabI)
4 Bab I Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2026.

Download (939kB)
[img] PDF (BabII)
5 Bab II Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2026.

Download (972kB)
[img] PDF (BabIII)
6 Bab III Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2026.

Download (945kB)
[img] PDF (BabIV)
7 Bab IV Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
8 Bab V Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf

Download (910kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf

Download (933kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 Lampiran Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

grahita merupakan istilah yang digunakan untuk anak yang memiliki perkembangan intelejensi yang terlambat. Namun ketidaksempurnaan itu tidak menghalangi anak penyandang tunagrahita untuk menempuh dan menikmati dunia pendidikan. Pendidikan untuk anak – anak yang berkebutuhan khusus lebih dikenal dengan sekolah luar biasa (SLB). Dalam dunia pendidikan terdapat komunikasi instruksional dan komunikasi instruksional merupakan proses komunikasi yang dilakukan di dalam kelas, guru berperan sebagai komunikator dan siswa berperan sebagai komunikan. Proses komunikasi instruksional dilakukan secara tatap muka antara guru dan siswa di dalam kelas, sehingga siswa menjadi merasa lebih akrab dengan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi instruksional guru dalam mengajar siswa tunagrahita di SDLB C Yakut Purwokerto, hambatan yang terjadi selama proses belajar mengajar, serta proses komunikasi siswa tunagrahita dengan guru, orang tua, dan teman-temannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan 9 informan serta menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi instruksional yang digunakan guru SDLB C Yakut dalam proses belajar mengajar dengan siswa tunagrahita di kelas 1 yaitu dengan pola komunikasi satu arah (metode ceramah) dan dua arah (metode demonstrasi dan tanya jawab). Dalam proses belajar guru menerapkan komunikasi instruksional secara verbal, non verbal dan komunikasi antar pribadi. Tunagrahita mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga mudah lupa terhadap materi pembelajaran, mengalami keterlambatan dalam pemahaman dan kemampuan berfikir. Keaktifan setiap siswa yang berbeda-beda juga turut menjadi penghambat bagi guru. Itu menjadi faktor penghambat dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Biasanya guru mengatasi hal tersebut dengan cara menegurnya, apabila menegur tidak mendapatkan respon dari siswa maka guru menghampiri siswa tersebut dan menuntunya agar kembali ke tempat duduk. Proses komunikasi antara siswa, guru dan orang tua dominan menggunakan bahasa ibu, bahasa Jawa seperti bahasa Banyumasan dikarenakan mereka dalam kesehariannya menggunakan bahasa Banyumas jika berkomunikasi dengan orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F16246
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Komunikasi Instruksional, Tunagrahita, Guru
Subjects: C > C631 Communication
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:09
Last Modified: 26 Nov 2025 05:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37709

Actions (login required)

View Item View Item