ADELINA, Ruci (2016) Pola Komunikasi Instruksional Guru dalam Mengajar Siswa Tunagrahita di SDLB C Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Download (928kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (939kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (972kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (945kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Download (910kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Download (933kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran Ruci Adelina F1C012014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
grahita merupakan istilah yang digunakan untuk anak yang memiliki perkembangan intelejensi yang terlambat. Namun ketidaksempurnaan itu tidak menghalangi anak penyandang tunagrahita untuk menempuh dan menikmati dunia pendidikan. Pendidikan untuk anak – anak yang berkebutuhan khusus lebih dikenal dengan sekolah luar biasa (SLB). Dalam dunia pendidikan terdapat komunikasi instruksional dan komunikasi instruksional merupakan proses komunikasi yang dilakukan di dalam kelas, guru berperan sebagai komunikator dan siswa berperan sebagai komunikan. Proses komunikasi instruksional dilakukan secara tatap muka antara guru dan siswa di dalam kelas, sehingga siswa menjadi merasa lebih akrab dengan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi instruksional guru dalam mengajar siswa tunagrahita di SDLB C Yakut Purwokerto, hambatan yang terjadi selama proses belajar mengajar, serta proses komunikasi siswa tunagrahita dengan guru, orang tua, dan teman-temannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan 9 informan serta menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi instruksional yang digunakan guru SDLB C Yakut dalam proses belajar mengajar dengan siswa tunagrahita di kelas 1 yaitu dengan pola komunikasi satu arah (metode ceramah) dan dua arah (metode demonstrasi dan tanya jawab). Dalam proses belajar guru menerapkan komunikasi instruksional secara verbal, non verbal dan komunikasi antar pribadi. Tunagrahita mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga mudah lupa terhadap materi pembelajaran, mengalami keterlambatan dalam pemahaman dan kemampuan berfikir. Keaktifan setiap siswa yang berbeda-beda juga turut menjadi penghambat bagi guru. Itu menjadi faktor penghambat dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Biasanya guru mengatasi hal tersebut dengan cara menegurnya, apabila menegur tidak mendapatkan respon dari siswa maka guru menghampiri siswa tersebut dan menuntunya agar kembali ke tempat duduk. Proses komunikasi antara siswa, guru dan orang tua dominan menggunakan bahasa ibu, bahasa Jawa seperti bahasa Banyumasan dikarenakan mereka dalam kesehariannya menggunakan bahasa Banyumas jika berkomunikasi dengan orang tua di rumah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16246 |
| Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Komunikasi Instruksional, Tunagrahita, Guru |
| Subjects: | C > C631 Communication T > T41 Teachers |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:09 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 05:05 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
