Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Buah Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Kojama Shop)

BAGASWARA, Alif (2019) Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Buah Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Kojama Shop). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
2. COVER-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
5. BAB I-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Alif Bagaswara-A1A015018-Skripsi-FAPERTA-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Kojama Shop merupakan sebuah usaha dibidang pertanian yang memasarkan buah-buahan berkualitas kepada konsumen melalui platform online. Buah-buahan yang menjadi produk unggulan Kojama Shop adalah alpukat mentega, selain alpukat mentega Kojama Shop juga memasarkan produk buah-buahan lain seperti durian dan mangga alpukat. Banyaknya pesaing dengan jenis usaha yang sama mengharuskan Kojama Shop untuk memberikan produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Semakin terpenuhi harapan-harapan konsumen akan atribut produk maka tingkat kepuasan akan meningkat. Untuk meraih keberhasilan dalam bisnis ini produsen harus dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan cara menerapkan strategi yang dapat meningkatkan kinerja dari atribut produk. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap seluruh atribut produk buah di Kojama Shop; (2) Mengetahui kinerja masingmasing atribut produk Kojama Shop dalam upaya memberikan kepuasan bagi konsumen; (3)Menentukan strategi yang dapat diambil untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap atribut produk buah di Kojama Shop. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2019 di Kojama Shop yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Pemilihan tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Kojama Shop merupakan yang paling besar dibanding pesaing dengan jenis usaha yang sama. Sasaran penelitian adalah konsumen yang pernah membeli produk Kojama Shop. Pengambilan data menggunakan metode survei melalui pengisian kuesioner secara online menggunakan google form. Penentuan sampel menggunakan pendugaan proporsi dimana sampel keyakinan (1-α) dan besar error tidak melebihi suatu harga tertentu sehingga diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukan konsumen sangat puas terhadap kinerja atribut produk buah Kojama Shop dengan nilai 85,655%, tingkat kepuasan konsumen ini terbentuk dari kinerja atribut produk Kojama Shop yang sudah sesuai dengan harapan (kepentingan) konsumen dengan nilai kesesuaian rata-rata sebesar 0,922. Atribut ketepatan waktu pengiriman adalah atribut Kojama Shop yang memberikan kepuasan paling besar bagi konsumen dengan skor 4,618, sedangkan atribut variasi buah memberikan kepuasan paling rendah bagi konsumen dengan skor 3,725. Strategi yang dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan mengoptimalkan atribut-atribut yang penting bagi konsumen namun memiliki tingkat kinerja yang rendah rendah seperti kedekatan Kojama Shop dengan petani dan harga produk yang terjangkau. Selain itu Kojama Shop harus memepertahankan kinerja atribut-atribut yang penting bagi konsumen dan selama ini sudah memberikan kinerja yang baik seperti kualitas produk, kemampuan kemasan menjaga kualitas buah, keamanan transaksi online, pelayanan yang tanggap, ketepatan waktu pengiriman, penanganan keluhan konsumen, kelengkapan informasi media sosial, dan harga produk yang sesuai dengan kualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19181
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, buah, kinerja, kepuasan konsumen, pemasaran online.
Subjects: I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:15
Last Modified: 27 Feb 2020 07:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item