APRILIA, Nadia Putri (2025) Identifikasi Pola Pembelian Asosiasi dan Transisi dengan Market Basket Analysis dan Markov Chain pada E-commerce Shopee Toko "NC". Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Download (300kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2026. Download (310kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 17 December 2026. Download (294kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Download (290kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadia Putri Aprilia-K1B021032-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Persaingan yang ketat pada platform e-commerce menuntut pelaku usaha untuk memahami perilaku konsumen secara mendalam guna menyusun strategi pemasaran yang efektif. Salah satu pendekatan untuk mendapatkan pemahaman tersebut adalah dengan menganalisis data transaksi historis untuk mengungkap pola-pola pembelian yang tersembunyi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola pembelian asosiasi dan transisi pada data transaksi Toko "NC" di Shopee selama tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan hibrida yang mengkombinasikan Market Basket Analysis (MBA) dengan algoritma Apriori dan Markov Chain. MBA digunakan untuk mengungkap pola pembelian bersamaan, sementara Markov Chain memodelkan pola pembelian berikutnya. Hasil analisis MBA berhasil mengidentifikasi 9 aturan asosiasi signifikan dengan aturan terkuat adalah {'Garut', 'PS'} → {'RJ'} yang memiliki nilai lift ratio sebesar 1,268173. Analisis Markov Chain berhasil membentuk matriks probabilitas transisi dan mengidentifikasi produk 'RJ' dan 'Garut' sebagai recurrent state yang menunjukkan loyalitas pelanggan yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sintesis kedua metode memberikan kerangka rekomendasi yang lebih komprehensif diantaranya seperti membuat paket bundling {'Garut', 'PS', 'RJ'}, menerapkan cross-selling aktif untuk 'RJ', menjalankan kampanye retargeting prediktif, dan memprioritaskan stok untuk produk-produk inti yang terbukti dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | K25223 |
| Uncontrolled Keywords: | Market Basket Analysis, Markov Chain, Aturan Asosiasi, Pola Transisi, E-commerce |
| Subjects: | E > E167 Electronic commerce |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Matematika |
| Depositing User: | Mrs. Nadia Putri Aprilia |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:53 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 07:53 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
