Preferensi Konsumen Terhadap Modifikasi Kemasan dan Label Produk Abon Ayam Pada Industry Kecil Menengah (IKM) “Sarirasa.”

RIZQIYATI, Dewi (2018) Preferensi Konsumen Terhadap Modifikasi Kemasan dan Label Produk Abon Ayam Pada Industry Kecil Menengah (IKM) “Sarirasa.”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Abon ayam merupakan salah satu produk olahan daging yang sudah dikenal oleh masyarakat karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi Banyaknya permintaan pasar membuat para pelaku usaha berinisiatif memproduksi olahan daging jenis ini ,salah satunya Industri Kecil Menengah (IKM ) Sari Rasa yang berada diwilayah Sokaraja ,Banyumas . Abon ayam produksi IKM Sari Rasa saat ini masih dikemas dengan kemasan plastic dengan desain yang masih sangat sederhana yang menjadikan produk tidak mempunyai umur simpan yang lama dan kurang menarik serta kurang memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen. Modifikasi model kemasan dan label yang digunakan, diharapkan mampu menjaga kualitas produk, meningkatkan minat konsumen dan omzet penjualan IKM Abon Ayam Sari Rasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap :1)Kemasan dan harga jual produk ;2)Desain label kemasan ;3)Atributlabel. Penelitian ini merupakan penelitian survey untuk menentukan perbaikan model kemasan baru dana tribute label. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan metode Accidental Sampling. Total responden sebanyak 50orang. Variabel yang Diamati meliputi preferensi konsumen terhadap bentuk kemasan dan harga jual produk, desain label kemasan, dan atribut label abon ayam Sari Rasa dengan kemasan baru. Data yang diperoleh dari responden dianalisis menggunakan analisis varian (ujiF), apabila hasil menunjukan ada perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan kemasan abon ayam sangat diapresiasi oleh responden. Hasil preferensi konsumen menunjukan bahwa kemasan yang lebih disukai konsumen produk abon ayam “Sari Rasa” adalah stoples plastic PET dan stand pouchzipper kombinasi, desain kemasan label yang paling disukai adalah desain batik, warna desain label kemasan yang paling disukai adalah warna kuning – cokelat, sedangkan atribut label yang dianggap penting oleh konsumen berturut-turut adalah tanggal kedaluwarsa ,halal bagi yang dipersyaratkan, nomor perizinan, tanggal dan kode produksi ,daftar komposisi, berat bersih, alamat produsen, dan nama produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A18123
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Kemasan, Abon Ayam Pada, Industry Kecil Menengah
Subjects: C > C793 Consumers
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs Ramadahani Lintang
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:54
Last Modified: 16 Jul 2020 07:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year