Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Korelasi antara Strategi Iklan Humor dengan Pemahaman Pesan Pelanggan (Kasus : Iklan Gojek Indonesia Edisi Introducing Jo & Jek pada Pelanggan Gojek di Purwokerto)

PRASETYOWATI, Dyan Suci (2020) Studi Korelasi antara Strategi Iklan Humor dengan Pemahaman Pesan Pelanggan (Kasus : Iklan Gojek Indonesia Edisi Introducing Jo & Jek pada Pelanggan Gojek di Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf

Download (433kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf

Download (473kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dyan Suci Prasetyowati-F1C016076-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Humor merupakan salah satu strategi periklanan yang paling sering digunakan. Seiring perkembangan zaman humor bahkan digunakan dalam iklan di media sosial Youtube. Banyaknya iklan yang menggunakan strategi humor ini sejalan dengan tujuannya untuk menarik perhatian konsumen yang diharapkan dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan. Salah satu iklan yang populer di Youtube adalah Iklan Gojek Indonesia edisi Introducing Jo & Jek. Iklan tersebut berisi mengenai pesan untuk berkendara dengan baik dan benar bersama Gojek. Iklan tersebut ditujukan untuk pelanggan Gojek yang mayoritas adalah milenial untuk dapat mematuhi tata aturan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara strategi humor dalam iklan Gojek Indonesia edisi Introducing Jo & Jek terhadap Tingkat Pemahaman Pesan pada Pelanggan Gojek di Purwokerto. Dalam menganalisis korelasi antara strategi humor dengan pemahaman pesan pada pelanggan, penulis menggunakan teori komunikasi dari Richard Petty dan John T. Cacioppo yaitu teori Elaborated Likelihood Model untuk melihat efek periklanan baik melalui rute sentral maupun rute peripheral. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yang dipilih secara acak dengan ketentuan bahwa responden menggunakan aplikasi Gojek dan pernah menonton iklan Gojek Indonesia edisi Introducing Jo & Jek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan besaran sampel ditentukan menggunakan metode Lemeshow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keinformatifan iklan yang merupakan rute sentral memiliki pengaruh lebih kuat terhadap pemahaman pesan pada pelanggan dibandingkan humor dalam iklan sebagai rute peripheral sesuai dengan Teori Elaborated Likelihood Model. Namun jika dilihat dari dimensi variabelnya, maka variabel humor dalam iklan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat pemahaman pesan terutama pada aspek afektif. Secara umum, iklan dengan strategi humor memiliki pengaruh yang kuat dalam menciptakan pemahaman pesan pada pelanggan. Kata kunci: Strategi Kreatif, Iklan Humor, Iklan Gojek, Tingkat Pemahaman Pesan, Teori Elaborated Likelihood Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20145
Subjects: A > A74 Advertising
I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Dyan Suci Prasetyowati
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:01
Last Modified: 22 Jul 2020 08:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item