Analisis Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada Xiaomi Yi di Purwokerto

PRATAMA, Roychan Nur (2018) Analisis Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada Xiaomi Yi di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) pada Xiaomi Yi di Purwokerto”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis atribut yang paling penting keberadaannya dalam produk handphone dan camera, sensitivitas respon yang diberikan konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari handphone ke camera pada konsumen di Purwokerto, serta arah respon yang diberikan konsumen terhadap perluasan merek (brand extension) dari handphone ke camera pada konsumen di Purwokerto. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Merek adalah atribut yang paling penting keberadaannya dalam produk handphone dan camera. 2. Konsumen sensitif terhadap brand extension dari handphone ke camera. 3. Konsumen memiliki arah respon positif terhadap brand extension dari handphone ke camera. Alat analisis yang dipergunakan adalah CRS (Customer Respons Strength) untuk mengetahui kekuatan respon dan sensitivitas respon konsumen serta nilai kualitas yang diterima (Perceived Quality-PQ) untuk mengukur tingkat kepentingan atribut. Berdasarkan hasil penelitian, atribut Merek mempunyai bobot kepentingan sebesar 646, lebih kecil dari atribut mutu/kualitas sebesar 657 yang berarti hipotesis pertama ditolak. Hipotesis kedua bahwa konsumen sensitif terhadap brand extension dari handphone ke camera diterima, karena ternyata konsumen sensitif terhadap brand extension dari handphone ke camera. Hal ini dinyatakan dengan Sr (1.47) > 1. Sedangkan hipotesis ketiga bahwa konsumen memiliki arah respon positif terhadap brand extension dari handphone ke camera diterima, hal ini dibuktikan dengan kekuatan respon responden saat ini (R1) pada setiap tahap dalam model hierarchy-of-effect > kekuatan respon responden sebelumnya (R0). Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan perlu berhati-hati dalam menerapkan strategi pemasarannya karena atribut sangat penting dalam persepsi konsumen terhadap suatu produk. Strategi perluasan merek yang dilakukan oleh XIAOMI berhasil. Xiaomi perlu mempertahankan positioning Mereknya dibenak konsumen dengan cara melakukan perluasan merek lagi tapi dengan kategori yang berbeda diluar bidang elektronik dan Xiaomi perlu mempertahankan respon positif konsumen dengan cara meningkatkan promosinya tidak hanya melakukan promosi menggunakan media online tetapi Xiaomi juga perlu melakukan promosi menggunakan media lain sehingga dapat meningkatkan awareness, knowledge, liking, preference, conviction dan purchase Xiaomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18082
Uncontrolled Keywords: Sensitivitas respon, perluasan merek (brand extension), hierarchy of effect.
Subjects: B > B337 Brand name products
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 23 Jul 2020 11:35
Last Modified: 23 Jul 2020 11:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year