NINGTYAS, Imelda Nova Ayu (2019) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Serviscapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan e-servicescapes terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli online pada pengguna situs belanja online Shopee. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, daya tarik estetika, tata letak, keamanan finansial sebagai variabel bebas, kepercayaan konsumen dan minat beli sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pengguna internet aktif dan pernah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee di Kota Purwokerto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 107. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan regresi linier bertahap meggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Hasil penelitian menunjukan bahwa electronic word of mouth, daya tarik estetika, keamanan finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, tata letak berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumen, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online. Implikasi dari penelitian ini Shope perlu membangun dan mengembangkan strategi promosi melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Shopee perlu meningkatkan pada aspek daya tarik estetika yang positif, dengan membuat dan mengatur desain website yang praktis dengan tampilan yang menarik, foto atau gambar yang asli, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti serta mampu memberikan kesenangan atau hiburan bagi konsumen. Shopee disarankan untuk tidak terlalu fokus pada tata letak website, karena konsumen cenderung lebih memprioritaskan variabel lain dalam penelitian ini. Shopee pelu meningkatkan keamanan finansial secara online, peningkatan pada aspek keamanan finansial dapat membuat konsumen semakin percaya pada website perusahaan. Shopee perlu meningkatkan kepercayaan konsumen, dengan kepercayaan yang tinggi maka akan menimbulkan minat beli online di e-commerce Shopee.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19453 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic word of mouth, e-seviscapes, kepercayaan konsumen, dan minat beli |
Subjects: | E > E167 Electronic commerce I > I260 Internet marketing P > P668 Purchasing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:21 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7171 |
Actions (login required)
View Item |