Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Serviscapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee)

NINGTYAS, Imelda Nova Ayu (2019) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Serviscapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Imelda Nova Ayu Ningtyas-C1B015012-Skripsi-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan e-servicescapes terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli online pada pengguna situs belanja online Shopee. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, daya tarik estetika, tata letak, keamanan finansial sebagai variabel bebas, kepercayaan konsumen dan minat beli sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan pengguna internet aktif dan pernah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee di Kota Purwokerto. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 107. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan regresi linier bertahap meggunakan SPSS (Statistical Program Social Science). Hasil penelitian menunjukan bahwa electronic word of mouth, daya tarik estetika, keamanan finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, tata letak berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumen, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli online. Implikasi dari penelitian ini Shope perlu membangun dan mengembangkan strategi promosi melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Shopee perlu meningkatkan pada aspek daya tarik estetika yang positif, dengan membuat dan mengatur desain website yang praktis dengan tampilan yang menarik, foto atau gambar yang asli, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti serta mampu memberikan kesenangan atau hiburan bagi konsumen. Shopee disarankan untuk tidak terlalu fokus pada tata letak website, karena konsumen cenderung lebih memprioritaskan variabel lain dalam penelitian ini. Shopee pelu meningkatkan keamanan finansial secara online, peningkatan pada aspek keamanan finansial dapat membuat konsumen semakin percaya pada website perusahaan. Shopee perlu meningkatkan kepercayaan konsumen, dengan kepercayaan yang tinggi maka akan menimbulkan minat beli online di e-commerce Shopee.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19453
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth, e-seviscapes, kepercayaan konsumen, dan minat beli
Subjects: E > E167 Electronic commerce
I > I260 Internet marketing
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr BAYU Ananda
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:21
Last Modified: 21 Jan 2021 03:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item