Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kualitas Dengan Kriteria Malcolm Baldrige Terhadap Mutu Kinerja Bisnis Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsoed

ADIPURI, Fine (2021) Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kualitas Dengan Kriteria Malcolm Baldrige Terhadap Mutu Kinerja Bisnis Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsoed. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C0180036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II- Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUTSAKA-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fine Ramadhaniya Febri Adipuri-C2C018036-Tesis-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

FINE RAMADHANIYA FEBRI ADIPURI, 2021. Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kualitas Dengan Kriteria Malcolm Baldrige Terhadap Mutu Kinerja Bisnis Rumah Sakit Gigi Dan Mulut UNSOED. Latar Belakang. Saat ini pelayanan kesehatan selalu dituntut agar bertambah baik. Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dapat diawali dengan hasil mutu kinerja bisnis organisasi yang baik. Suatu rumah sakit untuk menghasilkan mekanisme pengelolaan mutu kinerja bisnis pelayanan yang baik perlu menerapkan metode pengukuran yang efektif agar dapat menganalisis dan menemukan dimensi mutu yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan untuk mencapai mutu yang tinggi. Kriteria Malcolm Baldrige merupakan kumpulan kriteria yang dapat digunakan untuk memastikan penyelenggaraan rumah sakit dilaksanakan dengan mutu kinerja yang baik salah satunya dapat mengukur dengan segala aktifitas secara komprehensif. Kriteria ini terdiri dari tujuh kriteria yaitu, kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, analisis dan informasi, fokus sumber daya manusia, manajemen proses dan hasil bisnis. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (RSGM UNSOED) merupakan rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang telah terakrediasi Paripurna dan dituntut agar selalu memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik berkaitan dengan mutu kinerja hasil dari rumah sakit. Tujuan penelitian. Untuk menganalisis pengaruh penerapan manajemen kualitas dengan kriteria Malcolm Baldrige terhadap mutu kinerja bisnis rumah sakit gigi dan mulut UNSOED Metode penelitian. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu crosssectional. Responden penelitian ini adalah karyawan RSGM Unsoed sebanyak 61 orang dengan teknik sampel jenuh atau sensus menggunakan instrumen berupa kuisoner. Kuisioner yang telah disusun diuji terlebih dahulu kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil. Hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan hipotesis 1,2,3,4,6,7 diterima dengan masing-masing nilai signifikansi lebih kecil dari α (0,05), sedangkan hipotesis 5 di tolak dengan nilai signifikasi lebih besar dari α (0,05). Kompetensi yang dimiliki RSGM UNSOED secara umum sudah sesuai standar kompetensi yang baik terhadap mutu kinerja bisnis dilihat dari jawaban responden memberikan jawaban setuju, namun dalam hal komunikasi secara vertikal rumah sakit memiliki jarak antara manajemen dan karyawan dan harus lebih sering diadakan diskusi secara langsung atau secara tidak langsung dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan karyawan. Kesimpulan. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria perencanaan strategis memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria fokus pelanggan memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria analisis dan informasi memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria fokus SDM tidak memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria manajemen proses memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Sistem manajemen kualitas dengan Malcolm Baldrige kriteria hasil bisnis memiliki pengaruh terhadap mutu kinerja bisnis. Implikasi manajerial. Memilih seorang pemimpinan yang berkarakter visioner dan inovatif serta seorang pemimpin yang mampu mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam upaya peningkatan kinerja. Menetapkan tujuan strategis bagi organisasi kesehatan, memperjelas perumusan misi rumah sakit serta menetapkan tujuan strategis bagi organisasi kesehatan. Berupaya menaggapi secara serius setiap kritik dan saran dari pelanggan, unit kerja rumah sakit secara aktif mencari umpan balik dari pelanggan tentang layanan rumah sakit. Menetapkan fungsi penilaian pada masing-masing departemen, unit maupun pada pelanggan, secara efektif menggunakan data pembanding untuk menganalisis kinerja serta memastikan data yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan saat ini. Memberikan kebebasan pada karyawan untuk mendiskusikan isu-isu yang terkait dengan pekerjaan antara karyawan dengan manajer atau atasan secara langsung. Menggabungkan mengubah pelanggan dan kebutuhan pasar dan teknologi baru ke dalam proses yang terkait, dan memberikan kejelasan terhadap setiap instruksi kerja yang harus dilaksanakan. Menekan jumlah keluhan dari pelanggan dan selalu melakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan. Saran. Melakukan penelitian lebih lanjut dengan melihat melakukan analisis pengaruh dan analisis moderasi terhadap variabel ketujuh variabel Malcolm Baldrige terhadap mutu kinerja bisnis rumah sakit. Kata kunci : Malcolm Baldrige, Mutu Kinerja Bisnis, Pengukuran Kinerja, Manajemen Kualitas

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21008
Uncontrolled Keywords: Malcolm Baldrige, Mutu Kinerja Bisnis, Pengukuran Kinerja, Manajemen Kualitas
Subjects: H > H250 Hospitals
P > P142 Performance
Q > Q2 Quality control
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Fine Ramadhaniya Febri Adipuri
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:43
Last Modified: 11 Feb 2021 02:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7724

Actions (login required)

View Item View Item