Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Manajamen Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga

NUGRAHA, Aditya Taruna (2017) Manajamen Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga. Judul tersebut dilatarbelakangi dengan adanya berabagai fenomena permasalahan IMB. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelayanan izin mendirikan bangunan di DPMPTSP Kabupaten Purbalingga dengan menggunakan aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan/pengendalian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian bahwa proses manajemen dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga sudah bisa dikatakan maksimal. 1) pada proses perencanaan hal ini dapat dilihat dengan kemampuan tim pelaksana pelayanan IMB dalam memahami tujuan IMB, perencanaan pembiayaan, penyusunan tim pelaksana, dan program kerja yang dilakukan oleh seluruh anggota yang termasuk dalam Tim Teknis pelayanan IMB di Kabupeten purbalingga. 2) pada tahap pengorganisasian menunjukkan bahwa sebagian besar pengorganisasian telah dilakukan dengan baik, namun dalam proses pelayanan IMB tidak adanya struktur yang nyata sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada SOP yang mengikat seluruh Tim Teknis dalam proses pelayanan IMB. 3) pada tahap penggerakan fungsi kepemimpinan dikatakan berjalan baik dan dianggap mengedepankan kedemokratisan dalam menanggapi permasalahan dan komunikasi yang baik antar bagian Tim Teknis Pelayanan IMB, dalam hal motivasi terdapat support dari pemerintah daerah berupa tunjangan dan sarana prasarana penunjang proses pelayanan IMB namun dibalik itu keego sektoralan dari beberapa anggota tim yang menggap tidak perlu adanya motivasi dari pimpinan terhadap tugas dan pekerjaannya pada proses pelayanan IMB. 4) pengawasan/pengendalian yang dilakukan dengan mekanisme pengawasan, tindak lanjut atas pengawasan, dan sumber daya yang digunakan dalam pengawasan. Dalam proses pelayanan IMB ini pengawasan berdasarkan pengaduan dari masyarakat, program dari Satpol PP, seksi wasdal, dan pengawasan bersama OPD terkait karena sudah ada strategi-strategi untuk melakukan itu. Tindak lanjut dari pengawasan berupa peringatan secara lisan dan tertulis hingga berupa pembongkaran. Sumber daya yang digunakan lebih kepada sdm yang ada pada masing-masing OPD yang menjadi bagian dari Tim Teknis Pelayanan IMB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17299/Hrsnya punya F
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Publik, Izin Mendirikan Bangunan
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:08
Last Modified: 21 Jul 2020 06:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item