FUZIAN, Erry (2020) Hubungan Antara Motivasi Belajar Blended Learning dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
2. COVER-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
5. BAB-I-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
6. BAB-II-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
7. BAB-III-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
8. BAB-IV-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
9. BAB-V-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Erry F.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Erry Fuzian-I1F018019-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Latar Belakang : Blended learning diharapkan mampu menarik perhatian dan minat mahasiswa dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar blended learning dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman. Metode : Penelitian ini memakai desain kuantitatif dengan metode deskriptif korelatif. Pengambilan sampel acak dengan responden 97 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan Kuesioner Motivasi Belajar ARCS-V (Keller 2016) dan daftar nilai UTS Sistem Informasi Keperawatan. Analisis univariat digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik usia dan jenis kelamin, serta gambaran motivasi belajar dan hasil belajar. Analisis bivariat menggunakan Korelasi Pearson Product Moment untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Hasil Penelitian : Responden penelitian berjumlah 97 orang yaitu 19 laki-laki (19,6%) dan 78 perempuan (80,4%). Mayoritas usia responden pada rentang usia 17 – 25 tahun (remaja akhir) yaitu 78,4%. Skor rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 125,46 (motivasi sedang). Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 71,24. Motivasi belajar memiliki hubungan positif tingkat moderat (r = 0,319) dengan hasil belajar dengan nilai p-value 0,001 (p<0,05). Kesimpulan : Terdapat korelasi positif tingkat moderat yang signifikan antara motivasi belajar blended learning dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20015 |
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 08:30 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 08:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13639 |
Actions (login required)
View Item |