PRASETIO, Mulyo Widhi (2021) Perilaku Beralih Pelanggan Dalam Pembelian Produk Digital Melalui Aplikasi E-commerce. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1.COVER - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Download (311kB) |
|
PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Download (666kB) |
|
PDF (BabI)
4.BAB I - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
5.BAB II - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
6.BAB III - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7.BAB IV - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
8.BAB V - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN - MULYO WIDHI PRASETIO - C2C017010 - TESIS - MM 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Indonesia memiliki pengguna internet aktif terbanyak yang terus bertumbuh setiap tahunnya dibandingkan dengan negara – negara lain di seluruh dunia. Pada 2023, jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan mencapai 150 juta pengguna. Hasil kajian EY bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian bahwa bisnis E-commerce di Indonesia diperkirakan bakal tumbuh 10 kali lipat dan nilai perdagangan daring akan mencapai USD 13 miliar atau Rp 1.800 triliun pada tahun 2020. E-commerce saat ini seperti Tokopedia, Bukapalak, Lazada, JD ID, OVO, Gojek dan yang lainnya sudah mengembangkan produk digital seperti pembelian pulsa, membayar BPJS, PLN, PDAM, Telkom, pajak, TV Kabel, dan lain-lain. Riset dari Shopback telah mengenai gaya hidup dan transaksi perilaku konsumen e-commerce di Indonesia bahwa semakin berkembangnya industri e-commerce tentu berbanding lurus dengan semakin meningkatnya para pelaku usaha e-commerce. Hal ini tanpa disadari dapat membuat konsumen tak loyal, karena konsumen memiliki banyak alternatif pilihan untuk membeli suatu produk. Konsep utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi Harga (Price Perseption), Biaya Beralih (Switching Cost), Daya Tarik Alternatif (Alternative Attractiveness) dan Pencarian Variasi (Variety Seeking) terhadap Niat Berpindah (Switching Intention) dan Perilaku Berpindah (Switching Behaviour) dalam pembelian produk digital melalui E-commerce. Area masalah penelitian yaitu sikap konsumen terhadap pembelian produk digital via E-commerce akan menentukan faktor-faktor menarik yang mempengaruhi konsumen untuk pembelian produk digital dan faktor-faktor tersebut akan membantu pemasar untuk merumuskan strategi mereka terhadap pemasaran online masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya tarik alternatif dan pencarian variasi yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap niat beralih pelanggan dalam melakukan pembelian produk digital melalui aplikasi e-commerce. Dan persepsi harga, pencarian variasi dan niat beralih pelanggan yang mempunyai pengaruhi secara signifikan terhadap perilaku beralih pelanggan dalam melakukan pembelian produk digital melalui aplikasi e-commerce.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222036 |
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Persepi Harga, Biaya Beralih, Daya Tarik Alternatif, Pencarian Variasi, Niat Beralih, Perilaku Beralih |
Subjects: | E > E167 Electronic commerce |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Mulyo Widhi Prasetio |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 01:19 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 01:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14637 |
Actions (login required)
View Item |