Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penggunaan Edible Coating Berbasis Pati Ganyong terhadap Mutu Buah Jambu Biji (Psidium guajava L.) selama Penyimpanan

NURPIAH, Een (2016) Pengaruh Penggunaan Edible Coating Berbasis Pati Ganyong terhadap Mutu Buah Jambu Biji (Psidium guajava L.) selama Penyimpanan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (985kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jambu biji (Psidium guajava L.) merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat dan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Buah jambu biji memiliki masa simpan yang pendek dan mudah rusak, karena jambu biji termasuk buah klimaterik yaitu adanya peningkatan respirasi yang tinggi dan mendadak yang menyertai atau mendahului pemasakan melalui peningkatan CO2 dan etilen. Masa simpan buah klimaterik yang pendek menjadikan kerusakan pascapanen yang cepat. Teknologi yang dapat diaplikasikan adalah edible coating yaitu lapisan tipis untuk menambah umur simpan dan mengurangi kehilangan mutu buah jambu biji. Bahan dasar edible coating yang digunakan yaitu pati dari umbi ganyong karena mengandung pati yang tinggi. Plasticizer yang digunakan adalah sorbitol untuk meningkatkan elastisitas edible coating. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Mengetahui konsentrasi sorbitol sebagai plasticizer yang paling baik dalam pembuatan edible coating untuk menjaga kualitas jambu biji selama penyimpanan. 2) Mengetahui suhu penyimpanan yang paling baik dalam menjaga kualitas jambu biji selama penyimpanan. 3) Mempelajari pengaruh edible coating pada buah jambu biji selama masa penyimpanan dengan mengukur parameter susut bobot, kadar air, tekstur, warna, dan total padatan terlarut. Metode penelitian yang digunakan adalah uji statistika dengan kinetika perubahan mutu. Jambu biji diberikan berbagai perlakuan yaitu penyimpanan suhu rendah (T1) dengan konsentrasi sorbitol 0% (T1S0), sorbitol 1% (T1S1), sorbitol 1,5% (T1S2), sorbitol 2% (T1S3), sorbitol 2,5% (T1S4), penyimpanan suhu ruang (T2) sorbitol 0% (T2S0), sorbitol 1% (T2S1), sorbitol 1,5% (T2S2), sorbitol 2% (T2S3), dan sorbitol 2,5% (T2S4). Variabel mutu yang diamati yaitu kadar air, susut bobot, kekerasan, total padatan terlarut, warna (Lab) yang diamati 2 hari sekali selama 10 hari. Hasil penelitian menunjukkan jenis penggunaan edible coating dengan konsentrasi sorbitol dan suhu penyimpanan berpengaruh terhadap kadar air, susut bobot, tekstur, total padatan terlarut, dan warna. Perlakuan terbaik nilai kecerahan yaitu T1S2; nilai warna hijau (a-) yaitu T1S4; nilai warna kuning (b+) yaitu T1S4; kadar air yaitu T1S0; susut bobot yaitu T2S0; kekerasan yaitu T1S3; total padatan terlarut yaitu T2S1.Secara keseluruhan perlakuan yang terbaik yaituT1S2 (penyimpanan suhu rendah dengan konsentrasi sorbitol 1,5%) yang mampu mempertahankan mutu dari buah jambu biji selama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16308
Uncontrolled Keywords: penyimpanan buah, pasca panen
Subjects: F > F413 Fruit Preservation
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:14
Last Modified: 12 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item