HANDAYANI, Latifah Dwi (2022) English Teachers' Perceptions on the Use of Authentic Materials to Teach English during the Pandemic of Covid-19 at SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Download (310kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Download (325kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Download (444kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Latifah Dwi Handayani-J1E016027-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
Abstract
Selama pandemi Covid-19, penggunaan materi otentik dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebagaimana guru harus menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pengunaan materi pembelajaran dalam bentuk modul tidak sesuai dalam pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, guru mencari materi secara daring yang lebih banyak terdapat dalam bentuk materi otentik. Penelitian ini berfokus untuk menyelidiki persepsi guru bahasa Inggris mengenai penggunaan materi otentik untuk mengajar selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mencari tahu jenis materi otentik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris selama pandemi Covid�19, (2) untuk menguraikan persepsi guru bahasa Inggris tentang penggunaan materi otentik untuk mengajar bahasa Inggris selama pandemi Covid-19. Penelitian ini secara deskriptif menggunakan metode campuran (kuantitatif dan kualitatif). Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel total dengan 5 orang guru bahasa Inggris di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (kuantitatif) dan interview (kualitatif). Hasil dari penelitian menunjukan beberapa data sebagai berikut: (1) terdapat 3 jenis materi otentik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris selama pandemi Covid-19: materi otentik yang berbentuk pendengaran (Nilai Index 55%), materi otentik yang berbentuk visual (Nilai Index 70%), dan realia/objek nyata (Nilai Index 55%), (2) persepsi guru tentang penggunaan materi otentik selama pandemi Covid-19 dapat terlihat dari 4 faktor yaitu kebutuhan, kepercayaan, emosi, dan ekspektasi. Guru menyadari bahwa penggunaan materi otentik selama pandemi Covid-19 terbilang mudah dan efektif. Guru menyatakn bahwa mereka merasa puas dan tertantang dengan penggunaan materi otentik selama pandemi Covid-19. Guru mengharapkan penggunaan materi otentik dapat membantu mereka menyediakan materi secara daring selama pandemi Covid-19 dan penggunaan materi otentik dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang topic pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22078 |
Uncontrolled Keywords: | perception, authentic materials, English teaching |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Latifah Dwi Handayani |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:02 |
Last Modified: | 17 May 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15801 |
Actions (login required)
View Item |