NURAFIFAH, Adesta (2022) Analisis Media Pembelajaran Hybrid Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 1 Bukateja dan SMA Negeri 2 Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Lagalitas)
LEGALITAS-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Download (234kB) |
|
PDF (BabI)
BAB -I-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (100kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Restricted to Registered users only until 21 November 2023. Download (213kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2023. Download (185kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Download (87kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Download (229kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adesta Nurafifah-J1D018017-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan sistem pembelajaran hybrid pada tahun ajaran 2021/2022 akibat kurang maksimalnya proses pembelajaran daring. Pembelajaran hybrid merupakan proses belajar yang memadukan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Efektivitas proses pembelajaran dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses adaptasi RPP pendidik, apa saja media pembelajaran yang digunakan, manfaat media pembelajaran, kekurangan media pembelajaran dan kelebihan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran hybrid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bukateja dan SMA Negeri 2 Purbalingga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1)peneliti berhasil berkolaborasi dengan pendidik dalam mengadaptasi RPP; (2)media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran hybrid berupa media pembelajaran synchronous dan asynchronous; (3)manfaat media pembelajaran dalam proses pembelajaran hybrid dan peningkatan kemampuan berbahasa; (4)kelebihan penggunaan media pembelajaran; dan (5)kekurangan penggunaan media pembelajaran. Adapun kesimpulan dari penelitian ini memberikan saran terkait pemanfaatan penggunaan media pembelajaran yang terbukti membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, memberikan pelatihan kepada pendidik terkait penggunaan media-media yang efektif membantu pendidik dalam proses pembelajaran hybrid, dan mempersiapkan pembelajaran dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22252 |
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pembelajaran hybrid, Bahasa Indonesia |
Subjects: | C > C716 Concept learning I > I79 Indonesia L > L51 Language and languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Adesta Nurafifah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 07:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18791 |
Actions (login required)
View Item |