NURAFIFAH, Zuhairoh (2022) Pengembangan Kapasitas SAMSAT dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) SAMSAT Banyumas Tahun 2022. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Download (119kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2023. Download (165kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Zuhairoh Nurafifah-F1B01709-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2023. Download (291kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2023. Download (236kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Download (121kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Zuhairoh Nurafifah-F1B017095-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan prima dapat terjadi ketika aparatur pemerintah memiliki kualitas dan kompetensi yang baik. Perbaikan kualitas organisasi publik harus dimulai dari sistem rekrutmen yang baik yang mampu menyaring sumber daya manusia yang berkualitas, kemudian melakukan pengembangan melalui penugasan dan pelatihan yang bersifat mendidik sehingga diharapkan mampu mencetak aparatur yang berkualitas. Pemerintah menargetkan bahwa tingkat pendidikan pada aparatur pemerintah perlu ditingkatkan untuk memperbaiki kualitas SDM. Namun kenyataannya, masih ada pegawai yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah yang dapat menyebabkan kualitas pelayanan menjadi tidak maksimal. Seperti halnya yang terjadi pada Kantor UPPD Samsat Banyumas. Pengembangan kapasitas merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara pengembangan kapasitas terhadap kualitas pelayanan di Kantor UPPD Samsat Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantatif dengan variabel pengembangan kapasitas (X) dan kualitas pelayanan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor tahun 2020 yang berjumlah 781.434 sedangkan sampel berjumlah 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Korelasi Kendall’s Tau-b dan Regresi Ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengembangan kapasitas dengan kualitas pelayanan di Kantor UPPD Samsat Banyumas. Hasil perhitungan analisis korelasi kendall Tau-b sebesar 0,513 dengan menunjukkan korelasi yang kuat dengan arah yang positif. Pada pengujian regresi ordinal menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 23,1 % - 33,5 % dan nilai sig 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22422 |
Uncontrolled Keywords: | Samsat, Pengembangan Kapasitas, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | C > C1020 Customer services P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Zuhairoh Nurafifah |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 10:38 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 10:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18956 |
Actions (login required)
View Item |