Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Purwokerto

NURANDY, Dyan Meilani Putri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (898kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Dyan Meilani P.N_ C1L018033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran hybrid learning berbasis problem based learning (PBL) terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait pemahaman peserta didik yang kurang dalam mata pelajaran Ekonomi terlihat dari keaktifan dalam kelas ketika proses pembelajaran seperti kurang dalam kemampuan menjelaskan jawaban dari pertanyaan, kurang dalam menafsirkan materi, kurang maksimalnya pengerjaan tugas seperti memberikan contoh, mengklasifikasikan, menduga, membandingkan, dan kurangnya partisipasi dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan di sisi lain sarana dan prasarana SMA Negeri 2 Purwokerto yang cukup memadai untuk menunjang proses pembelajaran hybrid learning seperti adanya sound di setiap kelas, mic untuk pendidik, LCD, wibesite penunjang hybrid serta bantuan kuota untuk setiap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 74 yaitu peserta didik kelas XI IPS 1 da XI IPS 2. Model penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Quasi Non Equivalent Control Group Design Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas XI IPS yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen kemudian peneliti melakukan treatment kepada kelas eksperimen yaitu treatment pembelajaran hybrid learning berbasis problem based learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan persentase terhadap hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SPSS 23, diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh pada tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran hybrid learning berbasis problem based learning pada mata pelajaran Ekonomi bila dibandingkan dengan model pembelajaran hybrid learning berbasis konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Upaya pertama adalah pihak sekolah sebaiknya lebih proaktif memfasilitasi segala kebutuhan pendidik dan peserta didik yang mampu mendukung proses pembelajaran guna peningkatan mutu layanan pendidikan, seperti melakukan workshop atau pelatihan lainnya. Hal ini bertujuan supaya pendidik tetap berjalan mengikuti perkembangan model pembelajaran di dunia pendidikan. Upaya kedua adalah upaya pendidik untuk bisa mempersiapkan media pembelajaran untuk pendidikan di era 4.0. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dunia pendidikan di era 4.0 yang berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22554
Uncontrolled Keywords: hybrid learning, problem based learning, pemahaman peserta didik
Subjects: I > I258 Internet in education
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs NURANDY Dyan Meilani Putri
Date Deposited: 13 Dec 2022 13:00
Last Modified: 13 Dec 2022 13:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19214

Actions (login required)

View Item View Item