Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Keterlibatan Orang Tua Siswa Miskin dalam Pembelajaran Pascapandemi di SDN 2 Cidora Kabupaten Banyumas

Urbaningrum, Luhjingga Panasari (2023) Keterlibatan Orang Tua Siswa Miskin dalam Pembelajaran Pascapandemi di SDN 2 Cidora Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 February 2024.

Download (227kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 February 2024.

Download (228kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 February 2024.

Download (229kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Luhjingga Panasari Urbaningrum-F1A019030-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Praktik pendidikan merupakan salah satu aspek yang terimbas pandemi tersebut. Sejak tahun 2022, pemerintah Indonesia telah memberlakukan kembali pembelajaran tatap muka. Orang tua harus terlibat dalam kegiatan pembelajaran siswa karena siswa mengalami demotivasi belajar yang diakibatkan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, orang tua perlu untuk membimbing dan mendampingi belajar. Bagi orang tua siswa miskin, mereka harus berusaha lebih keras untuk terlibat dalam pembelajaran anak. Hal tersebut disebabkan mereka tidak memiliki waktu luang yang cukup banyak untuk membimbing dan mendampingi belajar, tidak memahami materi pembelajaran dengan baik, serta memiliki kondisi ekonomi yang kurang sehingga mereka tidak dapat terlibat secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua siswa miskin pada masa pascapandemi di SDN 2 Cidora. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sasaran utama orang tua siswa miskin SDN 2 Cidora. Sasaran pendukung yang digunakan adalah siswa dan salah satu guru. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Cidora Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria orang tua siswa miskin yang berpenghasilan kurang dari Rp1.000.000 per bulan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, Sumber data primer merupakan hasil wawancara dan hasil observasi. Sumber data sekunder diperoleh dari sumber literasi lain, buku, dan dokumen yang dapat ditelaah. Data-data yang ada kemudian diolah menggunakan teknik Analisis Kualitatif Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa miskin mendampingi dan membimbing belajar anak semampunya karena mereka tidak memahami materi dengan baik. Mereka menyediakan fasilitas untuk menunjang pembelajaran anak. Selain itu, mereka juga terlibat dalam kegiatan sekolah untuk mengetahui perkembangan belajar anak di sekolah. Pemberian motivasi juga dilakukan supaya anak tetap semangat belajar Pada pelaksanaan belajar, kendala yang dialami adalah orang tua tidak mampu membimbing secara maksimal. Selain itu, mereka tidak mampu untuk menyediakan HP dan jaringan internet untuk menunjak pembelajaran blended learning. Untuk mengatasi hal tersebut, strategi yang digunakan adalah meminta bantuan kepada teman sebaya, saudara kandung anak/kerabat lain, dan kepada guru, serta menyambung wifi saudara dan tetangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23039
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan orang tua, siswa miskin, strategi
Subjects: C > C716 Concept learning
P > P60 Parents
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs URBANINGRUM Luhjingga Panasari
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:36
Last Modified: 16 Feb 2023 01:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item View Item