Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kualitas Pelayanan dalam Inovasi Balada Pak-Kis di Kabupaten Kebumen

Ajizah, Mila Nur (2023) Kualitas Pelayanan dalam Inovasi Balada Pak-Kis di Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023-1-11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (207kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (309kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (283kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mila Nur Ajizah-F1B019006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik menjadi salah satu kebutuhan bahkan keharusan yang dilakukan oleh instansi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Organisasi pelayanan publik dalam hal ini pemerintah berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi pelayanan pada berbagai bidang. Inovasi dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan kepada penerima pelayanan, sehingga kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik dapat diberikan lebih mudah, cepat dan praktis. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen menerapkan inovasi Balada Pak-Kis di Kabupaten Kebumen yang merupakan inovasi pelayanan pada bidang administrasi kependudukan, yang memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya orang tua yang baru melahirkan untuk mengurus dokumen kependudukan anaknya. Melalui inovasi Balada Pak-Kis ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan tanpa mengurusnya sendiri langsung ke Disdukcapil, melainkan pengurusan dapat dilakukan oleh Faskes tempat ibu tersebut melahirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada inovasi Balada Pak-Kis dilihat dengan menggunakan model pengukuran e-service quality di Kabupaten Kebumen. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan melalui kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan jumlah populasi yaitu sebanyak 52 orang, sehingga keseluruhan populasi pada penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian atau disebut dengan sampling jenuh atau sensus. Uji validitas dan reliabilitas data secara berurutan dilakukan dengan menggunakan teknik product moment dan alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) dan tendensi sentral (mean). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam inovasi Balada Pak-Kis di Kabupaten Kebumen memperoleh hasil indeks konversi sebesar 73,5 yang berada pada kategori baik dan dengan nilai rata-rata tertimbang sebesar 2,94. Kemudian dari keenam indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dalam Inovasi Balada Pak-Kis, terdapat dua indikator yang berada pada kategori sangat baik yaitu efisiensi dengan indeks konversi sebesar 86 dan fulfilment sebesar 87,58. Terdapat tiga indikator yang berada pada kategori baik yaitu ketersediaan sistem dengan indeks konversi sebesar 82, privasi sebesar 80,62 dan daya tanggap sebesar 77,62. Sedangkan terdapat satu indikator yang berada pada kategori tidak baik dengan indeks konversi sebesar 49,25 yaitu indikator kontak. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Disdukcapil untuk menambahkan kontak pada tampilan aplikasi google spreadsheet agar petugas Faskes mudah untuk menghubungi pegawai Disdukcapil untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi dan memberikan pelatihan khusus untuk petugas Faskes guna meningkatan kemampuannya dalam pengoperasian sistem yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23237
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Inovasi Balada Pak-Kis
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Mila Nur Ajizah
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:40
Last Modified: 02 Aug 2023 06:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item