Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Intercultural Communicative Competence (ICC) in English Textbook Entitled "When English Rings a Bell" (Learning Task Analysis in English Textbook for Junior Highschool Grade VII Students Published by Kemendikbud)

ZHAFIRAH, Rana Jihan (2023) Intercultural Communicative Competence (ICC) in English Textbook Entitled "When English Rings a Bell" (Learning Task Analysis in English Textbook for Junior Highschool Grade VII Students Published by Kemendikbud). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITASI-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2024.

Download (146kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2024.

Download (198kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2024.

Download (375kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rana Jihan Zhafirah-J1E017019-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Perhatian umum dalam penelitian ini adalah tentang Kompetensi KomunikasiAntarbudaya (ICC) agar dapat terlibat secara efektif dalam dunia global dan menumbuhkanpemahaman lintas budaya untuk akademik yang lebih baik. Perhatian utama dari penelitianiniadalah pada penyajian tugas pembelajaran yang memuat konten antarbudaya dalambukupelajaran Bahasa Inggris berjudul “When English Rings a Bell” untuk siswa kelas tujuhSMPdan persentase tugas belajar yang mendorong Intercultural Communicative Competence(ICC). Data dikumpulkan dengan menggunakan model ICC Byram. Penelitianinimenggunakan pendekatan gabungan deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianmenemukan bahwa tugas pembelajaran interkultural lebih banyak menekankanaspekpengetahuan dalam bentuk kegiatan pembelajaran seperti mengumpulkan informasi, bermainperan, mengisi celah/meja, pengeboran, dan bekerja dalam kelompok/berpasangankhususnyayang berkaitan dengan budaya peserta didik itu sendiri. Tugas belajar yang berkaitandenganbudaya target terbatas, terutama terbatas pada lirik lagu berbahasa Inggris. Bukuteksinidirancang untuk membantu pembelajar bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi diri merekadalam kelompok budaya. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa hanya 7%dari tugaspembelajaran terintegrasi dalam buku teks yang menumbuhkan kompetensi antarbudaya,dengan mayoritas berfokus pada penyediaan informasi budaya yang terfragmentasi. Studi inimenyarankan adanya perbaikan konten budaya dalam buku teks "When English Rings aBell"untuk siswa kelas tujuh dengan menambahkan materi tambahan yang mempromosikankompetensi antar budaya di kalangan pelajar Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23206
Uncontrolled Keywords: content analysis, course book, learning task, intercultural communicative competence
Subjects: B > B278 Book reviews
E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Rana Jihan Zhafirah
Date Deposited: 23 Aug 2023 10:57
Last Modified: 23 Aug 2023 10:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item View Item