Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Guru dan Relawan dalam Mengembangkan Model Pendidikan di MTs PAKIS Desa Gununglurah, Cilongok, Banyumas

NINGRUM, Yuneta Puspita (2023) Peran Guru dan Relawan dalam Mengembangkan Model Pendidikan di MTs PAKIS Desa Gununglurah, Cilongok, Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_F1A017042_YUNETA PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan peran guru dan relawan dalam mengembangkan model pendidikan di MTs PAKIS Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif sehingga dapat memperoleh data sesuai dengan tujuan penelitian. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs PAKIS, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mandalam, observasi, dan dokumentasi. Sasaran penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan relawan MTs PAKIS. Penentuan sasaran penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian guru dan relawan MTs PAKIS menganggap bahwa pendidikan merupakan hal yang penting sebagai hak yang harus diterima setiap anak dan untuk membangun karakter anak. Guru dan relawan MTs PAKIS memiliki peran penting dalam keberlangsungan MTs PAKIS dan menciptakan model pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam mengembangkan model pendidikan di MTs PAKIS, guru dan relawan menemukan berbagai kendala yang berasal dari faktor internal seperti rasa malas, kurangnya pemahaman orang tua mengenai pentingnya pendidikan, kekurangan relawan dan permasalahan dalam memanage relawan, serta faktor eksternal seperti sulitnya sinyal untuk mendukung pembelajaran. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan memberikan pemahaman kepada orang tua dan siswa, menjemput siswa yang rumahnya jauh dari MTs PAKIS, mengunggah rekruitmen relawan di media sosial, memanage relawan melalui grup relawan. Untuk mengatasi permasalahan sulitnya sinyal dan keterbatasan kepemilikan alat komunikasi, guru dan relawan MTs PAKIS mengakalinya dengan melakukan pembelajaran dengan handy talky, menggunakan alat komunikasi secara berkelompok, dan melaksanakan ujian online di bukit atau hutan agar mendapatkan sinyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23414
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Peran Guru dan Relawan, Model Pendidikan
Subjects: E > E79 Educational sociology
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs YUNETA PUSPITA
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:58
Last Modified: 25 Aug 2023 06:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item