ABIYYU, Daffa (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Lima Tahunan Pada Samsat Kabupaten Banyumas Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Download (416kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Daffa Abiyyu-F1B017118-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Saat ini penggunaan kendaraan sangat dibutuhkan untuk menunjang mobilisasi dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan berkendara berdampak pada peningkatan jumlah kendaraan di Kabupaten Banyumas. Jumlah kendaraan bermotor yangada di Kabupaten Banyumas setiap tahunnya mengalami peningkatan. Seiring meningkatnya jumlah kendaraan bermotor mengakibatkan meningkatnya wajib membayar pajak kendaraan bermotor, termasuk pajak lima tahunan. Pembayaran Pajak Lima Tahunan tidak bisa dilakukan secara online karena membutuhkan pemeriksanaan fisik, tujuannya untuk mencocokkan tanda bukti pendaftaran atau legalisasi sekaligus identifikasi pemilik kendaraan. Diketahui juga pelayanan yang diberikan Samsat Kabupaten Banyumas cenderung negatif berdasarkan ulasan warganet di google review. Ulasan negatif timbul karena kualitas pelayanan yang diberikan rendah sehingga berefek pada kepuasan masyarakat. Adapun tujuan penelitian yang akan dikaji yakni, guna mengetahui bagaimana pengaruh dari kualitas pelayanan pajak lima tahunan di Samsat Kabupaten Banyumas terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menemukan kualitas pelayanan mempunyai memiliki kategori berkualitas. Variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat memiliki korelasi yang positif berdasarka koefisien Tau-c sejumlah 0.263 dan signifikansinya sebesar 0.000 <0.05 yang menunjukan artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis regresi ordinal menghasilkan kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan pada kepuasan masyarakat pada pelayanan pajak lima tahunan di Kantor Samsat Kabupaten Bnyumas. Dari hasil uji regresi ordinal secara parsial diketahui variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat memiliki koefisien Pseudo R-Square 0.201. Artinya kepuasan masyarakat yang dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 20,1%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23536 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pajak Lima Tahunan Samsat Kabupaten Banyumas, Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | C > C432 Civil service I > I61 Income tax |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Daffa Abiyyu |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:25 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24447 |
Actions (login required)
View Item |