NADHIFA, Atiqa (2023) Inovasi Layanan Pengajuan Klaim Dan Non Klaim Melalui Taspen Online Service (TOS) Pada PT Taspen Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Download (65kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Download (62kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Atiqa Nadhifa-F1B020111-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi percepatan perubahan yang diberikan melalui teknologi digital karena pandemi sendiri telah menyebabkan banyak organisasi publik untuk menjalani transformasi digital yang serba cepat. Bagi organisasi publik menjadikan inovasi sebagai suatu kreatifitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencapai kepuasan dari masyarakat. Dalam hal ini PT Taspen (Persero) membantu para peserta pensiun dimana mayoritas peserta pensiun berusia lebih dari 58 tahun yang memiliki keterbatasan dalam melakukan pengurusan data-data pensiun. Hal ini sejalan dengan inovasi yang diberikan oleh PT Taspen (Persero) dalam bentuk situs Taspen Online Service (TOS), yang merupakan situs layanan pengajuan klaim dan non klaim secara online yang dapat diakses melalui tos.taspen.co.id/. Sebagaimana mayoritas peserta PT Taspen yakni para lansia yang sudah pensiun sebagian dari mereka memungkinkan belum siap menerima digitalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini menggunakan teori menurut Rogers (2003) untuk melihat penerapan serta faktor pendorong dan penghambat pada inovasi layanan pengajuan klaim dan non klaim melalui Taspen Online Service (TOS) pada PT Taspen Purwokerto. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain data collection, data condensation, data display dan conclusion drawing/verification. Serta untuk validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi layanan pengajuan klaim dan non klaim melalui Taspen Online Service (TOS) pada PT Taspen Purwokerto maka dapat disimpulkan bahwa penerapan inovasi Taspen Online Service telah memberikan dampak positif terhadap kepuasan masyarakat selain itu dampak positif dengan adanya penerapan inovasi ini memberikan keuntungan yang lebih memudahkan para pegawai PT Taspen Purwokerto untuk memproses pengajuan klaim, selain itu dari sisi peserta juga merasa dimudahkan dengan adanya Taspen Online Service yang bersifat lebih praktis serta dapat meningkatkan efisiensi operasional pelayanan pada PT Taspen Purwokerto. Pihak PT Taspen telah mengadakan sosialisasi kepada beberapa pihak yang bersangkutan serta melakukan fase uji coba agar inovasi dapat berjalan secara maksimal dan berkesinambungan. Namun sosialisasi yang dilakukan saat ini kurang maksimal sehingga masih banyaknya para peserta yang belum mengetahui adanya inovasi Taspen Online Service ini. Faktor pendorong dari inovasi ini karena pengaruh dari perkembangan teknologi, kemudahan akses, serta transparansi dan akuntabilitas. Sedangkan faktor penghambat dari inovasi ini yaitu error sistem, ketidakmampuan teknis, kurang maksimalnya sosialisasi yang dilakukan. Saran dalam penelitian ini perlu ditingkatkan sosialisasi berkelanjutan. Serta diperlukan penyempurnaan sistem teknologi dan inovasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24032 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan Publik, Organisasi Publik, Taspen Online Service |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Atiqa Nadhifa |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:01 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25240 |
Actions (login required)
View Item |