KUSUMANINGRUM, Silviani (2024) Strategi Pemasaran Gula Singkong Cair Pada UMKM Sari Tela Utama di Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Download (52kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Download (50kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Silviani Kusumaningrum-A1A019040-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Besarnya kebutuhan gula nasional yang belum diimbangi dengan kemampuan produksi dalam negeri menjadikan Indonesia sebagai importir gula. Dibutuhkan pengembangan atau inovasi industri gula non tebu untuk pemenuhan kebutuhan gula nasional. Gula singkong cair atau gula yang berbahan dasar singkong merupakan salah satu inovasi untuk industri gula di Indonesia. UMKM Sari Tela Utama merupakan salah satu produsen gula singkong cair di Indonesia. Namun, masih terdapat permasalahan dalam pemasaran gula singkong cair milik UMKM Sari Tela Utama, yakni gula singkong cair masih belum dikenal secara luas serta belum optimalnya kegiatan pemasaran yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya perumusan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi UMKM Sari Tela Utama. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan secara umum mengenai UMKM Sari Tela Utama dan gula singkong cair, serta mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dihadapi UMKM Sari Tela Utama; (2) merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran gula singkong cair pada UMKM Sari Tela Utama; dan (3) menentukan prioritas strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan gula singkong cair pada UMKM Sari Tela Utama. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus di UMKM Sari Tela Utama yang berlokasi di Desa Punggelan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga November 2023. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan biasa yang berasal dari pihak internal dan eksternal perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel lingkungan internal yakni STP dan marketing mix 4P, serta variabel lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dengan matriks IFE dan EFE, analisis perumusan alternatif strategi dengan matriks IE dan SWOT, serta analisis prioritas strategi pemasaran dengan menggunakan matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan identifikasi lingkungan internal dan eksternal dengan matriks IFE dan EFE diperoleh masing-masing lima faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan, serta masing-masing lima faktor eksternal yang merupakan peluang dan ancaman perusahaan. Berdasarkan kuadran matriks IE, posisi perusahaan terletak pada kuadran II atau pada posisi tumbuh (grow) dan kembangkan (build). Kemudian, berdasarkan analisis menggunakan matriks SWOT dengan mengombinasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dihasilkan enam alternatif strategi pemasaran gula singkong cair yang dapat diterapkan oleh UMKM Sari Tela Utama. Alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas utama bagi UMKM Sari Tela Utama berdasarkan analisis matriks QSPM adalah meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen dan menarik minat calon konsumen dengan total attractiveness score (TAS) sebesar 7,398.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24018 |
Uncontrolled Keywords: | gula singkong cair, matriks, strategi pemasaran, UMKM |
Subjects: | M > M37 Management Marketing Selling S > S805 Sugar |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Silviani Kusumaningrum |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26220 |
Actions (login required)
View Item |