Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K dengan Mahasiswa NON KIP-K di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

ZAHROH, Natasya Mar'atus (2024) Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K dengan Mahasiswa NON KIP-K di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf

Download (355kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (BabI)
BabI-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2025.

Download (669kB)
[img] PDF (BabII)
BabII-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2025.

Download (538kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2025.

Download (728kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] PDF (BabV)
BabV-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Natasya Mar'atus Zahroh-F1B020001-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan beasiswa dalam penyelesaian studi 4 tahun sangat mendorong mereka untuk giat belajar dan mempertahankan prestasi belajar. Karena jika hasil belajar mahasiswa KIP-K tidak mencapai syarat ketentuan maka beasiswa itu akan di cabut dan diharuskan membayar sendiri UKT (Uang Kuliah Tunggal) setiap tahunnya. Selain itu, mahasiswa penerima KIP-K juga di haruskan untuk memenuhi berbagai macam tuntutan lainnya dalam proses penyelesaian studinya. Lain halnya dengan mahasiswa non KIP-K yang cenderung tidak memiliki tuntutan yang begitu mengikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Responden penelitian diperoleh melalui teknik accidental sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil angket/kuesioner dan data sekunder berupa data IPK mahasiswa yang diperoleh dari layanan akademik FISIP UNSOED yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi berganda dengan Dummy Variable. Uji validitas dan realibilitas pada penelitian ini menggunakan teknik analisis butir diferensial dan cronbach’s alpha. Hasil perhitungan distribusi frekuensi motivasi belajar mahasiswa KIP-K lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa non KIP-K. Mayoritas mahasiswa KIP-K sebanyak 39 mahasiswa (53%) memperoleh interval yang baik sementara sebanyak 31mahasiswa (42%) dinyatakan sangat baik dari 74 mahasiswa KIP-K. Sementara mayoritas mahasiswa non KIP-K sebanyak 49 mahasiswa (53%) memperoleh interval nilai motivasi belajar dalam kategori tidak baik, dan sebanyak 31 mahasiswa (33%) dengan perolehan nilai motivasi belajar yang baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa KIP-K lebih tinggi motivasi belajarnya dibandingnkan dengan mahasiswa non KIP K.Jadi, prestasi belajar mahasiswa KIP-K yang lebih tinggi dipengaruhi oleh motivasi belajar yang tinggi, ditunjukkan dengan pengolahan data menggunakan uji regresi linier dengan Dummy Variabel yang menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa KIP-K yang tinggi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa KIP-K. Sesuai dengan nilai Signifikansi (Sig) variabel Motivasi Belajar Mahasiswa KIP-K adalah sebesar 0,00. Karena nilai Sig. 0,00 < probabilitas 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24263
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Mahasiswa KIP-K, Mahasiswa Non KIP-K
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Natasya Mar'atus Zahroh
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:11
Last Modified: 19 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item