Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Knalpot di Kabupaten Purbalingga

Putri, Marisa (2024) Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Knalpot di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Marisa Azizah Yuanda Canda Putri-C1A020012-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai hubungan antara struktur, perilaku dan kinerja Industri Knalpot di Purbalingga dimana sebuah perusahaan berperilaku untuk meningkatkan kinerjanya akan dipengaruhi oleh struktur persaingan di pasar industri. Structure Conduct Performance (SCP) adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi persaingan pada berbagai industri termasuk industri knalpot. SCP sebagai alat analisis struktur pasar industri, mempengaruhi perilaku pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui struktur pasar pada industri knalpot di Kabupaten Purbalingga, 2) Mengetahui perilaku perusahaan pada industri knalpot di Kabupaten Purbalingga, 3) Mengetahui kinerja industri knalpot di Kabupaten Purbalingga. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengusaha knalpot di Kelurahan Purbalingga Lor dimana wilayah tersebut mayoritas masyarakatnya berpartisipasi dalam usaha produksi knalpot sehingga disebut sebagai lokasi sentra industri knalpot di Purbalingga dengan jumlah responden sebanyak 37 pengusaha. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa 1) Industri knalopot termasuk ke dalam bentuk struktur pasar monopolistik yang diketahui melalui pengukuran pangsa pasar, rasio konsentrasi pasar empat perusahaan terbesar, Indeks Herfindahl-Hirschman (IHH) berdasarkan variabel penjualan, 2) Adanya bentuk pasar yang bersifat monopolistik maka mempengaruhi beberapa perilaku yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan industri guna meningkatkan keuntungan yang diperoleh perusahaan seperti strategi produk dimana pada industri knalpot ini perusahaan menjual produk yang terdiferensiasi melalui penetapan merek produk serta ciri khas produk yang berbeda-beda. Mayoritas pengusaha knalpot di Purbalingga Lor mengadopsi strategi promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui media sosial untuk menarik perhatian konsumen. Namun, dalam strategi penetapan harga pada industri knalpot ini seringkali dilakukan sepihak oleh produsen atau pedagang pengumpul, sehingga terjadi ketidakseragaman dalam penetapan harga yang dilakukan oleh penjual yang dapat merugikan kondisi pasar sehingga perusahaan harus bijaksana untuk tetap kompetitif dan memaksimalkan pendapatan serta keuntungan jangka panjang, 3) Berdasarkan hasil penelitian, kinerja pasar yang diukur melalui Price Cost Margin (PCM) tidak dipengaruhi oleh besarnya penguasaan pangsa pasar. Oleh karena itu, terdapat implikasi penting dalam penelitian ini yaitu dengan bentuk pasar monopolistik, banyaknya produsen yang menawarkan keberagaman produk di pasar memberikan keuntungan dan kemudahan bagi pelanggan dalam memilih produk terbaiknya. Akan tetapi, produsen harus terus berupaya dalam meningkatkan daya saing produknya dengan cara peningkatkan kualitas produk dan melakukan inovasi agar tetap eksis di pasar serta agar tidak tergeser dari produk-produk yang diciptakan oleh produsen lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24338
Uncontrolled Keywords: struktur pasar, perilaku, kinerja, industri knalpot
Subjects: H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs. Marisa Azizah Yuanda Canda Putri
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:23
Last Modified: 22 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item View Item