MALA, Jihan Himatul (2024) Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Buah Alpukat di Gudang Alpukat Mentega. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Download (90kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (131kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II Jihan Himatul Mala-A1A017038 - Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (235kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2025. Download (377kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Download (90kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Download (231kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Jihan Himatul Mala-A1A017038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Pemasaran secara online sudah merambah pada produk-produk pertanian seperti alpukat. Hal itu ditunjukkan dengan munculnya e-commerce di bidang pertanian. Electronic Word of Mouth (eWOM) merupakan pernyataan atau komentar positif maupun negatif yang dibuat oleh konsumen potensial, aktual, atau terdahulu yang berkaitan dengan produk atau perusahaan di mana pernyataan tersebut tersedia untuk publik melalui internet. Sosial media Gudang Alpukat Mentega memiliki potensi yang tinggi untuk dijadikan sebagai media untuk memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui karakteristik konsumen yang melakukan pembelian online produk buah alpukat di Gudang Alpukat Mentega 2) Mengetahui pengaruh dimensi-dimensi eWOM terhadap keputusan pembelian online produk buah alpukat di Gudang Alpukat Mentega. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di Gudang Alpukat Mentega yang terletak di kelurahan Jatiasih, kota Bekasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 pada 63 responden yang merupakan kosumen yang pernah melalukan pembelian online buah alpukat di Gudang Alpukat Mentega yang diambil berdasarkan purposive sampling dan data diambil secara daring melalui Google Form. Variabel yang digunakan pada penelitian ini meliputi eWOM intensity, positive valance eWOM, negative valance eWOM, eWOM content, dan keputusan pembelian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM PLS dengan software SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel positive valance eWOM, negative valance eWOM, dan eWOM content berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online buah alpukat di Gudang Alpukat Mentega. Variabel eWOM content merupakan faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian, dengan nilai p-value sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa konsumen lebih mempertimbangkan keputusan pembelian melalui isi informasi yang disediakan oleh Gudang Alpukat Mentega dibanding variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24399 |
Uncontrolled Keywords: | eWOM, Keputusan Pembelian Online, Alpukat |
Subjects: | F > F407 Fruit I > I260 Internet marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Jihan Himatul Mala |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 06:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29737 |
Actions (login required)
View Item |