ARIFIN, Faiq Muhammad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kodular Terhadap Materi Gerak Dasar Peraturan Baris Berbaris (Media Pendukung Mata Kuliah TUB PBB di Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Download (69kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 November 2025. Download (104kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 November 2025. Download (106kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 November 2025. Download (236kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Download (65kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faiq Muhammad Arifin-I1E020042-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Metode pembelajaran pendidikan jasmani masih bersifat konvensional seperti ceramah, diskusi, dan penugasan, akan tetapi dosen belum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi dengan berbasis pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kodular yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa. Metodologi: Penelitian ini akan menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D), Populasi yang ditetapkan adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman. Model penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model pengembangan Sugiyono yang berisikan 10 tahapan akan tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 8 tahapan. Instrumen penelitian menggunakan angket yang menggunakan rentang skala likert 1-5. Dalam pengembangan skripsi, digunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian: Media pembelajaran Peraturan Baris Berbaris berbasis kodular layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli materi 94,2%, ahli bahasa 92,9%, dan ahli media 86,6%, kemudian hasil penilaian mahasiswa 85,9% dan penilaian dosen 80% sehingga dapat disimpulkan media tersebut berada pada kategori sangat layak. Kesimpulan: Media pembelajaran gerak dasar Peraturan Baris Berbaris sangat layak diterapkan sebagai media pembelajaran mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Jenderal Soedirman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I24336 |
Uncontrolled Keywords: | Kodular, Media Pembelajaran, Peraturan Baris Berbaris |
Subjects: | E > E69 Education L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Mr. Faiq Muhammad Arifin |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:42 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:42 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30449 |
Actions (login required)
View Item |