Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi

FUADAH, Fiza (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover Fiza Fuadah C1L019043.pdf

Download (538kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak Fiza Fuadah C1L019043.pdf

Download (511kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (662kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (784kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (685kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V Fiza Fuadah C1L019043.pdf

Download (516kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka Fiza Fuadah C1L019043.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran Fiza Fuadah C1L019043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa kelas XII pada pelajaran ekonomi, dan penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran konvesional yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis software Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen semu pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Purwokerto tahun Pelajaran 2024/2025 sebagai populasi yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 177 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan soal pilihan ganda. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah 72 siswa dan teknik penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, regresi linier sederhana dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis software articulate storyline dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional; (2) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis software articulate storyline dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional; (3) Media pembelajaran interaktif berbasis software articulate storyline berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (4) Media pembelajaran interaktif berbasis software articulate storyline berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajarnya serta adanya keterlibatan secara langsung peserta didik dengan media pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung yang nantinya akan meningkatkan hasil belajarnya. Selain itu guru memiliki peluang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan cara menggunakan media pembelajaran yang interaktif, dan dibantu model pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sekolah juga dapat mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran yang interaktif salah satunya yaitu articulate storyline dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Articulate Storyline; Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24493
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Fiza Fuadah
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:56
Last Modified: 21 Nov 2024 02:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item