Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Siswa dan Calon Siswa dalam Memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran pada SMK Negeri 1 Banyumas

HADIYANTI, Utami (2018) Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Siswa dan Calon Siswa dalam Memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran pada SMK Negeri 1 Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 cover.pdf

Download (923kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf

Download (926kB)
[img] PDF (BabI)
4 bab1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2026.

Download (938kB)
[img] PDF (BabII)
5 bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2026.

Download (994kB)
[img] PDF (BabIII)
6 bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2026.

Download (981kB)
[img] PDF (BabIV)
7 bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8 bab5.pdf

Download (930kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf

Download (938kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendaftar calon siswa selama 5 tahun terakhir untuk jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran lebih rendah dibandingkan dengan jurusan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam keputusan memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method. Penelitian ini terdiri dari dua studi, yaitu studi 1 menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan siswa dalam memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Studi 2 untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan calon siswa dalam memilih dan tidak memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Studi 1 menggunakan sampel 180 siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian menggunakan random sampling dan analisis data menggunakan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis terdapat tiga faktor yang dipertimbangkan siswa dalam memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Banyumas yaitu persepsi siswa, promosi, dan pertimbangan kerja. Sekolah dapat meningkatkan loyalitas siswa dengan cara memperbanyak keja sama dengan dinia kerja dan menerapkan strategi pull marketing. Studi 2 menggunakan sampel 76 calon siswa yang memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran serta 5 calon siswa yang tidak memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian ini menggunakan sampling quota untuk calon siswa memilih dan analisis data mengunakan analisis faktor. Purposive sampling untuk calon siswa yang tidak memilih dan tehnik pengumpulan data menggunakan in-dept interview. Berdasarkan hasil analisis faktor yang dipertimbangkan calon siswa dalam memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran adalah faktor persepsi siswa. Faktor yang dipertimbangkan calon siswa yang tidak memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran adalah faktor persepsi siswa yang terdiri atas persepsi keluarga dan persepsi teman. Untuk meningkatkan minat calon siswa, dapat dilakukan dengan membangun citra sekolah dan jurusan. Push marketing merupakan strategi yang dapat dipertimbangkan oleh sekolah untuk menarik siswa memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keputusan memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, persepsi , promosi, pertimbangan pekerjaan
Subjects: H > H123 High school students
S > S774 Study and teaching
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:06
Last Modified: 07 Jan 2025 03:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item